Instagram Luncurkan Security Checkup untuk Amankan Akun yang Pernah Dibajak

Instagram Luncurkan Security Checkup untuk Amankan Akun yang Pernah Dibajak

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 14 Jul 2021 14:15 WIB
Instagram security checkup
Instagram Luncurkan Security Checkup untuk Amankan Akun yang Pernah Dibajak Foto: Dok. Instagram
Jakarta -

Instagram baru saja meluncurkan fitur keamanan baru bernama Security Checkup. Fitur ini diluncurkan untuk membantu pengguna yang akunnya pernah dibajak.

Saat pengguna yang akun Instagram-nya pernah dibajak kembali login, mereka akan ditanya apakah ingin memulai pemeriksaan keamanan. Pengguna pun akan dipandu untuk melalui langkah-langkah yang diperlukan untuk mengamankan akun mereka.

Langkah-langkah yang dimaksud antara lain mengecek aktivitas login, meninjau informasi profil, mengonfirmasi akun yang berbagi informasi login, dan memperbarui informasi kontak pemulihan akun seperti nomor telepon atau email, seperti dikutip dari blog Instagram, Rabu (14/7/2021).

Selain mengenalkan Security Checkup, Instagram juga membagikan tips bagi pengguna untuk menjaga keamanan akunnya yaitu:

- Aktifkan two-factor authentication

Instagram menyarankan pengguna untuk mengaktifkan two-factor authentication (2FA) untuk menerima kode login lewat SMS atau aplikasi seperti Google Authenticator. Dalam waktu dekat, pengguna Instagram juga bisa menerima kode 2FA lewat WhatsApp.

- Perbarui nomor telepon dan email

Pastikan nomor telepon dan email yang kalian daftarkan sebagai informasi akun di Instagram adalah yang terbaru. Data terbaru ini penting karena bisa membantu pengguna mengembalikan akun yang dibajak meski informasinya telah diubah oleh hacker.

- Hati-hati dengan DM yang masuk

Belakangan ini Instagram menemukan banyak akun palsu yang mengklaim sebagai Instagram dan mengirimkan direct messages untuk mengakses informasi sensitif seperti password. DM seperti ini kebanyakan merupakan penipuan dan melanggar kebijakan Instagram

Instagram menekankan mereka tidak pernah mengirimkan DM kepada pengguna. Aplikasi milik Facebook ini mengatakan mereka hanya mengirimkan email kepada pengguna yang bisa dicek di tab 'Emails from Instagram' di pengaturan.

- Laporkan konten dan akun yang mencurigakan

Pengguna Instagram bisa melaporkan konten individu atau akun yang dianggap mencurigakan dengan membuka akun tersebut dan langsung melaporkan dari profilnya.

- Aktifkan permintaan login

Setelah mengaktifkan 2FA di Instagram, pengguna akan menerima peringatan jika ada seseorang yang mencoba login ke akun mereka dari perangkat atau browser yang tidak dikenal. Pengguna bisa menerima atau menolak permintaan login ini dan melihat daftar perangkat yang bisa mengakses akun Instagram mereka.



Simak Video "Alasan Instagram Telat Boyong Instagram Music ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)