Hindari Penipuan, Gmail Akan Bantu Identifikasi Pengirim Valid

Hindari Penipuan, Gmail Akan Bantu Identifikasi Pengirim Valid

Josina - detikInet
Rabu, 14 Jul 2021 10:50 WIB
Logo Baru Gmail
Foto: Dok. Google
Jakarta -

Saat ini bukan hal sulit bagi seseorang untuk membuat situs palsu yang seolah menggambarkan situs tersebut adalah dari sebuah perusahaan resmi. Bahkan yang lebih mudahnya lagi adalah membuat alamat email dengan nama perusahaan.

Tentu hal tersebut bertujuan untuk hal jahat seperti penipuan ataupun phishing. Dengan demikian Google yang memiliki layanan Gmail berharap dengan merilis fitur barunya dapat membantu memudahkan penggunanya untuk mengindentifikasi email yang valid dari perusahaan.

Hal tersebut berupa dukungan dari BIMI (Brand Indicators for Message Identification) di mana salah satunya berupa logo perusahaan yang terverifikasi. Ini artinya saat pengguna menerima email dari perusahaan yang sudah terverifikasi, logo perusahaan tersebut akan muncul di email sehingga pengguna akan tahu jika email tersebut adalah asli.

Dilansir detikINET dari Ubergizmo, Rabu (14/7/2021) fitur ini sebenarnya sudah diumumkan pada tahun lalu namun baru tahun ini diluncurkan.

"BIMI memungkinkan organisasi yang mengautentikasi email mereka menggunakan Domain-based Message Authentication, Reporting, and Conformance (DMARC)-standar untuk menyediakan autentikasi pengirim yang kuat yang memungkinkan sistem keamanan melakukan penyaringan yang lebih baik, memisahkan pesan yang sah dari yang berpotensi palsu, untuk memvalidasi kepemilikan logo mereka dan mengirimkannya dengan aman ke Google," kata Google.

Yang menjadi pertanyaan apakah ini akan membantu mengurangi penipuan via email seperti phishing? Jawabannya mungkin saja iya, pengguna diharapkan saat membuka email dan mulai melihat logo perusahaan di sebelah email dapat yakni jika email tersebut dapat dipercaya. Di sisi lain pengguna juga harus sadar untuk memperhatikan logo tersebut agar tidak terjebak penipuan.



Simak Video "Kini Gmail Bisa Digunakan untuk Telepon dan Video Call"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)