Fitur Baru WhatsApp Bakal Otomatis Hilangkan Foto dan Pesan - Halaman 2

Fitur Baru WhatsApp Bakal Otomatis Hilangkan Foto dan Pesan

Tim - detikInet
Senin, 05 Jul 2021 12:46 WIB
Ilustrasi WhatsApp
Aplikasi WhatsApp. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Foto dan Video Dilihat Sekali Lalu Hilang

Selain pesan, WhatsApp merilis fitur baru bernama View Once atau Lihat Sekali. Fitur baru ini dapat menghilangkan foto dan video seketika usai dilihat oleh sang penerima.

Kehadiran fitur View Once ini diungkap lawan WABetaInfo setelah mendapatinya pada aplikasi WhatsApp versi beta 2.21.14.3 di Android. Disebutkan fitur ini tidak hanya berlaku untuk foto saja, tapi juga video maupun GIF.

Selain itu, fitur ini bisa digunakan pada percakapan individu maupun grup. Lantas bagaimana cara menggunakannya?

1. Pilih foto, video atau GIF yang akan dikirimkan

2. Pada bagian Add a Caption, kamu akan menemukan ikon yang menampilkan angka 1 dalam lingkaran. Ketuk ikon tersebut

3. Sebuah pop-up pesan muncul yang menerangkan WhatsApp mengaktifkan fitur View Once

4. Tinggal kirim pesan tersebut

Fitur WhatsApp di mana foto hilang jika sudah disaksikan. Foto: WABetaInfo

Dalam fitur View Once, orang lain yang menerima pesan tersebut akan memiliki satu kesempatan untuk melihatnya. Kendati pesan dikirimkan ke seseorang yang belum mengaktifkan fitur View Once, maka sang penerima tetap hanya bisa melihatnya sekali.

Pengguna yang mengirim pesan juga dapat melihat status pesan jika sudah terkirim, dilihat dan dibuka. Meski ada batasan untuk melihat, penerima masih dapat mengambil screenshot foto atau video, dan WhatsApp tidak akan memberi tahu pengirim karena belum ada deteksi tangkapan layar di aplikasi.

Saat fitur View Once digunakan pada grup, media yang dibagikan dapat dilihat satu kali oleh setiap anggota grup. Pengirim dapat mengetahui siapa yang membuka media dengan mengklik Info Pesan.

Menurut WABetaInfo, karena kontak yang diblokir masih dapat berinteraksi dengan pengguna dalam grup, mereka juga dapat melihat media yang dikirim dalam mode View Once.

Belum ada informasi kapan fitur ini dirilis secara luas. Namun CEO Facebook Mark Zuckerberg sudah memberikan sinyal kalau fitur baru WhatsApp ini akan segera tersedia untuk semua orang.

(fyk/fay)