Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Simpan Nomor HP

Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Simpan Nomor HP

Tim - detikInet
Kamis, 17 Jun 2021 18:25 WIB
 on February 19, 2014 in San Francisco City.
Foto: Justin Sullivan/Getty Images
Jakarta -

Sudah tahu belum, WhatsApp punya fitur bawaan yang membuatmu bisa nge-chat tanpa simpan atau save nomor HP lawan bicaramu itu. Tak perlu pakai install ini-itu lagi!

Klik untuk Chat, demikian WhatsApp menamai fitur tersebut. Lewat fitur WhatsApp ini, kamu bisa memulai chat dengan seseorang tanpa harus menyimpan nomor telepon orang tersebut di buku telepon ponsel.

Syaratnya, tentu saja, kamu harus mengetahui nomor orang bersangkutan. Artinya, kamu tidak bisa nge-chat WhatsApp dengan sembarang orang. Nomor telepon itu justru menjadi aspek penting dalam fitur Klik untuk Chat di WhatsApp ini. Selain itu, patut diingat pula bahwa nomor telepon yang hendak kamu ajak chat itu tentunya harus punya akun WhatsApp yang aktif.

Nah, bagaimana caranya? Seperti dikutip detikINET dari laman resmi WhatsApp, fitur Klik untuk Chat ini pada dasarnya memungkinkanmu membuat tautan sehingga bisa chat dengan orang yang nomornya tidak kamu save itu. Begini prosesnya.

Langkah pertama nge-chat di WhatsApp tanpa save nomor ini adalah membuat tautan sendiri lewat browser dengan format dasar sebagai berikut:

https://wa.me/(nomor)

Yang harus kamu perhatikan adalah tersebut harus kamu isi dengan nomor telepon lengkap dalam format internasional.

Dengan menggunakan format tersebut, laman web WhatsApp pun mencontohkan penggunaannya ketika sudah disertai nomor telepon, sebagai berikut:

https://wa.me/628561333111

Seperti terlihat dari contoh tersebut, penggunaan nomor telepon dalam format internasional membuatmu harus menghilangkan setiap angka nol (di depan), tanda kurung, atau tanda hubung.

Jadi, jangan menggunakan bentuk seperti ini: https://wa.me/+62-856-133-3111

Selain itu, fitur Klik untuk Chat ini juga membuatmu bisa membuat tautan sendiri langsung beserta isi pesan. Untuk memahami lebih lanjut, simak saja contoh berikut ini.

Format baku yang mesti dipakai adalah: https://wa.me/nomorteleponwhatsapp/?text=teksberkodeurl

Contoh: https://wa.me/628561333111?text=Saya%20tertarik%20untuk%20membeli%20mobil%20Anda

Selain itu Klik untuk Chat ini juga membuat kamu bisa menulis pesan dalam tautan, yang kemudian bisa kamu kirim ke orang dalam kontakmu.

Contoh: https://wa.me?text=Saya%20memiliki%20pertanyaan%20mengenai%20apartment%20yang%20disewakan

Setelah mengeklik pada tautan tersebut, daftar kontak di ponselmu akan muncul untuk kemudian kamu kirimkan pesan tersebut.

"Klik untuk Chat berfungsi baik pada telepon ataupun WhatsApp Web Anda," sebut WhatsApp.com di bagian faq-nya. Semoga bermanfaat.



Simak Video "WhatsApp Kini Bisa Dipakai di 4 Perangkat Sekaligus, Berikut Faktanya..."
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fyk)