Instagram Siapkan Fitur Exclusive Stories, Apa Itu?

Instagram Siapkan Fitur Exclusive Stories, Apa Itu?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 01 Jul 2021 14:49 WIB
Istanbul, Turkey - December 15, 2018: Person holding a brand new Apple iPhone X with Instagram profile on the screen. Instagram is an online mobile social networking service, launched in October 2010.
Instagram Siapkan Fitur Exclusive Stories, Apa Itu? Foto: iStock
Jakarta -

Instagram sedang menyiapkan fitur baru bernama Exclusive Stories yang memungkinkan kreator untuk mengunggah konten eksklusif di Stories untuk penggemarnya. Penggemar yang ingin mengakses fitur ini kemungkinan harus membayar biaya berlangganan, mirip seperti Super Follow di Twitter.

Keberadaan fitur ini pertama kali ditemukan oleh developer Alessandro Paluzzi. Ia telah membagikan beberapa screenshot dari fitur ini ke akun Twitter-nya dalam sepekan terakhir.

Instagram mengonfirmasi bahwa screenshot tersebut memang berasal dari prototipe internal yang sedang dikembangkan, tapi belum diuji coba secara publik. Media sosial milik Facebook ini menolak membagikan informasi spesifik tentang fitur ini.

Meski belum ada informasi resmi dari Instagram, cara kerja Exclusive Stories bisa dilihat dari screenshot yang dibagikan oleh Paluzzi. Stories eksklusif ang dibagikan oleh kreator akan memiliki warna yang berbeda yaitu ungu.

Saat pengguna Instagram lain menemukan Exclusive Stories, mereka akan melihat pesan yang mengatakan bahwa konten tersebut hanya bisa dilihat oleh anggota.

Karena sifatnya eksklusif, Stories ini tidak bisa di-screenshot tapi bisa dibagikan sebagai Highlights. Kreator diminta untuk menyimpan Stories eksklusif sebagai highlight agar penggemar baru bisa melihat konten eksklusif sebelumnya, seperti dikutip dari TechCrunch, Kamis (1/7/2021).

Kehadiran fitur Exclusive Stories di Instagram sebenarnya tidak terlalu mengejutkan. Head of Instagram Adam Mosseri sebelumnya pernah mengatakan perusahaannya sedang menjelajahi fitur seperti langganan dan NFT.

Instagram bukan satu-satunya platform media sosial yang memungkinkan penggemar untuk memberikan uang langsung ke kreator favoritnya. Twitter belum lama ini membuka pendaftaran untuk fitur Super Follows yang memungkinkan kreator untuk berbagi cuitan eksklusif dengan penggemar yang sudah berlangganan.



Simak Video "Music & Lyrics Instagram Akhirnya Bisa Digunakan di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)