Semua Pengguna Instagram Bakal Bisa Bagikan Link di Stories

Semua Pengguna Instagram Bakal Bisa Bagikan Link di Stories

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 30 Jun 2021 19:11 WIB
Instagram stiker link
Semua Pengguna Instagram Bakal Bisa Bagikan Link di Stories (Foto: Instagram)
Jakarta -

Selama ini Instagram membatasi siapa saja yang bisa membagikan link atau tautan untuk di-swipe up di Stories. Kini Instagram menguji coba untuk memperluas fitur berbagi link ini ke semua pengguna.

Tapi link yang dibagikan bukan dalam bentuk swipe up seperti yang digunakan saat ini, melainkan dalam bentuk stiker. Fungsi stiker ini tetap sama seperti link yang di-swipe up, bedanya hanya perlu diketuk dan bukan digeser ke atas.

Head of Product Instagram Vishal Shah mengatakan saat ini uji coba tersebut masih terbatas untuk segelintir pengguna. Uji coba ini dilakukan untuk melihat bagaimana kebiasaan pengguna menggunakan fitur ini.

Instagram akan memantau jenis link yang akan dibagikan pengguna untuk mencegah dibagikannya link yang berisi misinformasi dan spam, seperti dikutip dari The Verge, Rabu (30/6/2021).

Shah mengatakan stiker link lebih sesuai dengan cara orang-orang menggunakan Instagram saat ini. Aplikasi media sosial milik Facebook ini secara perlahan akan menjadi stiker link sebagai cara utama untuk mengakses situs eksternal untuk semua pengguna.

"Itu adalah jenis sistem di masa depan yang ingin kami capai. Dan itu yang kami harapkan untuk dirilis, jika kami bisa melakukannya," kata Shah.

Saat ini link hanya akan tersedia di Stories dan Shah mengatakan Instagram tidak berencana menghadirkannya ke bagian lain aplikasi seperti komentar. Nantinya, pengguna akan bisa merespon Stories yang berisi stiker link, sesuatu yang saat ini tidak bisa dilakukan dengan Stories yang memiliki swipe up.

Uji coba ini tentu kabar baik untuk pengguna Instagram yang belum memiliki akses untuk menaruh link swipe up di Stories. Saat ini untuk mendapatkan akses tersebut pengguna harus memiliki akun yang terverifikasi atau memiliki setidaknya 10.000 followers.



Simak Video "Alasan Instagram Telat Boyong Instagram Music ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)