iPadOS 15 Bawa Fitur Baru, Bikin Produktivitas Makin Maksimal

WWDC 2021

iPadOS 15 Bawa Fitur Baru, Bikin Produktivitas Makin Maksimal

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 08 Jun 2021 17:30 WIB
iPadOS 15
iPadOS 15. Foto: dok Apple
Jakarta -

Selain iOS 15, Apple turut memperkenalkan iPadOS 15. Banyak fitur baru yang diberikan pada sistem operasi untuk iPad ini, bikin produktivitas makin maksimal.

Multitasking

Kini mengerjakan tugas di banyak aplikasi lebih mudah dari sebelumnya. iOS 15 menambahkan menu multitasking baru yang muncul di bagian atas aplikasi yang memungkinkan pengguna masuk ke Split View atau Slide Over hanya dengan satu ketukan.

Pengguna kini memiliki akses cepat ke Home Screen saat menggunakan Split View, sehingga lebih mudah untuk membuka aplikasi yang tepat. Dengan menggunakan rak baru, pengguna dapat melakukan banyak tugas dengan aplikasi yang memiliki banyak jendela seperti Safari dan Pages, serta mempratinjau email dengan cepat.

Pengalaman dengan papan ketik eksternal ditingkatkan dengan dukungan shortcut keyboard. Pengguna dapat dengan cepat mengatur dan beralih antara Split View dan Slide Over dengan shortcut baru untuk multitasking langsung dari keyboard.

Multitasking iPadOS 15Multitasking iPadOS 15 Foto: Apple

Widget

Layaknya iOS, pengguna sekarang dapat menempatkan widget di antara aplikasi dan Home Screen, memberikan lebih banyak informasi secara sekilas dan menawarkan pengalaman yang lebih personal. Dirancang khusus untuk layar iPad yang lebih besar, ukuran widget baru yang lebih besar sangat cocok untuk menampilkan video, musik, game, foto, dan banyak lagi.

iPadOS 15 juga menghadirkan widget baru untuk App Store, Find My, Game Center, Mail, dan Contacts. Apple turut memberikan App Library, yang secara otomatis mengatur aplikasi ke dalam kategori seperti Produktivitas, Game, dan Recent Added. Ikon App Library ditempatkan di dock, sehingga makin memudahkan pengguna mengakses semua aplikasi.

WindgetWindget Foto: Apple

Notes

Mencatat di iPad menjadi lebih baik dengan fitur baru yang membuatnya lebih mudah untuk pengguna menuangkan ide. Notes masuk ke seluruh sistem dengan Quick Note, cara cepat dan mudah untuk membuat catatan di mana saja di seluruh sistem.

Baik saat menjelajah di Safari atau saat membuka p, pengguna dapat membuka Catatan Cepat di mana saja untuk menuliskan pemikiran dan menambahkan tautan, menyediakan cara mudah untuk kembali ke apa yang mereka lihat.

Notes juga memiliki cara baru untuk mengatur, berkolaborasi, dan menangkap informasi. Ada Tag yang memudahkan untuk mengkategorikan catatan dan menemukannya.

FaceTimeFaceTime Foto: undefined

FaceTime

FaceTime membantu pengguna terhubung dengan mudah dengan mereka yang paling berarti, dan dengan iPadOS 15, percakapan dengan teman dan keluarga terasa lebih alami. Pengguna kini dapat berbagi pengalaman dengan SharePlay saat terhubung dengan teman di FaceTime, termasuk mendengarkan lagu bersama dengan Apple Music, menonton acara TV atau film secara sinkron, atau berbagi layar untuk melihat aplikasi bersama.

Safari

Safari mendapatkan desain tab baru yang memungkinkan pengguna melihat lebih banyak halaman saat mereka menjelajah. Bilah tab baru mengambil warna halaman web yang dibuka.

Lalu ada Tab Group menawarkan cara baru untuk menyimpan dan mengelola tab dengan mudah, serta dapat disinkronkan ke Mac dan iPhone. Safari di iPad sekarang juga mendukung ekstensi web, tersedia dari App Store.

FocusFocus Foto: Apple

Focus

iPadOS 15 menghadirkan fitur yang membantu pengguna fokus dan mengurangi gangguan. Focus memiliki kemampuan memfilter notifikasi berdasarkan apa yang dilakukan pengguna. Misalnya, mode Kebugaran yang dikonfigurasi untuk pengguna saat berada di gym.

Selain itu ada Notification Summary yang menawarkan ringkasan pemberitahuan yang dapat diberikan kepada pengguna kapan pun mereka mau, menggabungkan semua item terpenting menjadi satu pesan.

Translate

Aplikasi Translate hadir di iPad membuat percakapan menjadi lebih mudah dan alami. Saat menggunakan aplikasi Translate, kemampuan terjemahan otomatis mendeteksi saat seseorang berbicara, dan dalam bahasa apa, sehingga pengguna dapat berkomunikasi secara alami tanpa harus mengetuk tombol mikrofon.

Live TextLive Text Foto: Apple

Untuk percakapan yang lebih pribadi, tampilan tatap muka memungkinkan dua orang duduk berhadapan dengan iPad di antara mereka dan melihat terjemahan percakapan dari sisi mereka sendiri.

Teks, bahkan tulisan tangan, dapat diterjemahkan di iPad dengan men-select dan menekan opsi Translate. Dalam kombinasi dengan Live Text, pengguna bahkan dapat menerjemahkan teks dalam foto

Swift Playgrounds

Swift Playgrounds hadir di iPad, menawarkan cara baru bagi siapa saja untuk membuat aplikasi dan memasukannya ke App Store. Swift Playgrounds sendiri adalah cara terbaik dan termudah untuk mempelajari coding.

Swift PlaygoundsSwift Playgounds Foto: Apple

Perangkat iPadOS 15

iPadOS 15 sudah bisa dicicipi para developer mulai Selasa (8/6/2021). Apple baru mengirimkan versi Public Beta pada Juli mendatang, dan versi final pada September.

  • iPad Pro 12.9-inch (5th generation)
  • iPad Pro 11-inch (3rd generation)
  • iPad Pro 12.9-inch (4th generation)
  • iPad Pro 11-inch (2nd generation)
  • iPad Pro 12.9-inch (3rd generation)
  • iPad Pro 11-inch (1st generation)
  • iPad Pro 12.9-inch (2nd generation)
  • iPad Pro 12.9-inch (1st generation)
  • iPad Pro 10.5-inch
  • iPad Pro 9.7-inch
  • iPad (8th generation)
  • iPad (7th generation)
  • iPad (6th generation)
  • iPad (5th generation)
  • iPad mini (5th generation)
  • iPad mini 4
  • iPad Air (4th generation)
  • iPad Air (3rd generation)
  • iPad Air 2


Simak Video "Spesifikasi iPhone 6s yang Masih Kebagian iOS 15"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)