Dubai Pakai WhatsApp untuk Layanan Booking Vaksin COVID-19

Dubai Pakai WhatsApp untuk Layanan Booking Vaksin COVID-19

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 01 Jun 2021 10:46 WIB
Jutaan Orang Tinggalkan WhatsApp Akibat Masalah Privasi Data
WhatsApp digunakan untuk memudahkan booking vaksin COVID-19 di Dubai. Foto: DW (News)
Jakarta -

Otoritas Kesehatan Dubai (DHA) memanfaatkan WhatsApp untuk menghadirkan layanan yang memungkinkan masyarakat untuk booking vaksin COVID-19.

Layanan hotline WhatsApp DHA ini memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) untuk memfasilitasi pemesanan, sejalan dengan visi pemerintah setempat untuk mengadopsi teknologi canggih di sektor perawatan kesehatan di semua aspek mulai dari layanan pelanggan hingga manajemen rumah sakit dan pemberian layanan kesehatan. Sehingga lebih meningkatkan produktivitas, kenyamanan pasien, dan perawatan.

"Melalui penggunaan teknologi AI dan saluran tambahan membuat janji temu untuk vaksin COVID-19, kami berharap dapat memberikan kenyamanan maksimal bagi anggota masyarakat," kata Fatma Al Khajah, Director of the Customer Happiness Department DHA seperti dilansir dari Saudigazette.

Layanan chatbot otomatis ini dapat diakses 24/7 secara gratis. Awalnya dikembangkan untuk meningkatkan kesadaran publik dan memberi mereka informasi akurat tentang COVID-19 serta layanan DHA lainnya.

Layanan hasil kolaborasi dengan Facebook ini diperkenalkan sejalan dengan upaya pihak otoritas setempat untuk menyediakan opsi bagi anggota masyarakat untuk memiliki saluran komunikasi multi-bahasa 24/7. Saat ini sudah lebih dari 150.000 pertanyaan COVID-19 ditangani melalui Whatsapp.

Untuk booking vaksin COVID-19, pengguna hanya menyerahkan Nomor Rekam Medis (MRN) mereka yang merupakan prasyarat untuk mengakses layanan. Masyarakat Dubai kemudian dapat memilih pusat vaksinasi serta tanggal dan waktu pengangkatan sesuai kenyamanan mereka.

Sistem berkemampuan AI akan memberikan opsi janji temu paling awal di pusat yang dipilih. Pengguna kemudian akan menerima pesan konfirmasi dengan nama pusat, tanggal, dan waktu janji temu mereka.



Simak Video "Kebijakan Baru WhatsApp Mulai Berlaku Hari Ini, Sudah Tahu?"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)