Aplikasi CyberReal, Cara Oppo Ciptakan Dunia AR Lebih Mudah Lagi

Aplikasi CyberReal, Cara Oppo Ciptakan Dunia AR Lebih Mudah Lagi

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 27 Mei 2021 12:37 WIB
OPPO
Aplikasi AR Oppo. Foto: Oppo
Jakarta -

Oppo memperkenalkan aplikasi Augmented Reality (AR) terbaru bernama CybeReal yang didukung oleh teknologi komputasi spasial real-time. Selain itu dibekali AI Engine internal menjanjikan pengalaman AR ke level berikutnya.

Oppo mengklaim CybeReal membuat proses penciptaan dunia AR lebih mudah ketimbang cara konvensional yang membutuhkan perangkat profesional dan pengetahuan khusus. Ini mereka buktikan saat aplikasi ini digunakan pada Oppo Flagship Store di China, staf di sana tanpa melakukan pelatihan formal terlebih dahulu, dapat menyelesaikan pemindaian awal dan pengumpulan data interior toko melalui smartphone untuk membentuk replika digital.

AI Engine memungkinkan aplikasi dapat memproses interior Oppo flagship store menjadi representasi 3D dalam waktu beberapa jam. Platform AI dapat memproses 12.000 gambar yang dipindai per jam.

Setelah interior dipindai, aplikasi mendukung rekonstruksi 3D secara real-time dalam waktu singkat. Dengan alat penyuntingan AR, staf Oppo dapat mengedit materi konten AR kapan saja untuk menciptakan lingkungan AR yang lebih menarik.

Dengan algoritma pemosisian visual RLOCS (Retrieval and Localization with Observation Constraints) yang dimilik Oppo semakin meningkatkan pemosisian dalam ruangan hingga ke akurasi tingkat sentimeter. Algoritma tersebut dikembangkan oleh tim teknologi dari Department of Intelligent Perception and Interaction dan telah diterima secara luas di dunia akademis.

Oppo CybeRealOppo CybeReal Foto: dok Oppo

Dalam 2020 European Conference on Computer Vision (ECCV) dan Computer Vision and Pattern Recognition Conference (CVPR 2020), tim ini memenangkan dua penghargaan tempat kedua dalam kategori Long-term Localization.

Untuk memberikan pengalaman AR yang imersif kepada pengguna, Oppo menggunakan estimasi pose 6DoF, yang memberikan pengguna pandangan dari berbagai posisi dan sudut. Pengguna dapat berjalan berputar-putar di sekitar objek target, membungkuk untuk melihat sekilas, atau berjongkok untuk melihat dari bawah ke atas, membuka cara yang lebih nyata untuk berinteraksi.

Saat ini tak hanya staf Oppo yang dapat menggunakan aplikasi ini. Pengunjung di Oppo Flagship Store Beijing Wukesong dan Guangzhou Zhengjia Plaza dapat menggunakan aplikasi AR untuk berinteraksi dengan perangkat Find X3 Pro.

Oppo CybeRealOppo CybeReal Foto: dok Oppo

Akan terlihat Find X3 Pro setinggi 4 meter yang turun perlahan dari atas dan berubah menjadi dinding informasi interaktif seperti sebuah layar gulung yang diiringi musik latar Colorful Future yang khusus dibuat oleh Hans Zimmer. Di sini setiap orang dapat memperkirakan masa depan dunia digital.

Untuk diketahui Oppo pertama kali memperkenalkan konsep aplikasi AR pada gelaran Inno Day 2020. Kala itu CybeReal digambarkan terintegrasi pemodelan digital presisi tinggi, AI, komputasi awan, rendering grafis, 5G, dan teknologi mutakhir lainnya, menandai tonggak sejarah dalam eksplorasi masa depan yang terdiri dari realitas campuran.

Sebagai aplikasi AR level platform, CybeReal dapat mereplikasi adegan dan objek dari dunia fisik menjadi replika digital di dunia virtual. Pemandangan dan objek ini dianalisis dan ditampilkan melalui data yang dihasilkan oleh beberapa sensor di dalam perangkat, kemudian disajikan kepada pengguna sebagai perpaduan dunia fisik dan informasi digital dalam bentuk augmented reality.

CybeReal bakal mengikuti kompetisi di International Conference on Computer Vision (ICCV) Oktober ini. Dalam jangka panjang, Oppo akan melakukan pengembangan lebih dalam ke dunia perangkat keras, perangkat lunak, dan layanan terkait AR yang sebagian besar masih belum tersentuh dan membuat teknologi ini lebih dapat diakses oleh semua industri.



Simak Video "Ini Dia Perbedaan Spesifikasi Oppo A74 dan A74 5G!"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fyk)