20 Aplikasi yang Bikin Baterai HP Boros

20 Aplikasi yang Bikin Baterai HP Boros

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 21 Mei 2021 13:24 WIB
Ilustrasi perempuan menggunakan ponsel
20 Aplikasi yang Bikin Baterai HP Boros Foto: iStock
Jakarta -

Ponsel atau HP zaman sekarang kebanyakan sudah dilengkapi dengan baterai besar yang bisa tahan seharian. Tapi lama kelamaan performa baterai bisa menurun dan salah satu penyebabnya adalah aplikasi yang digunakan.

Perusahaan cloud pCloud belum lama ini menganalisa 100 aplikasi terpopuler untuk melihat aplikasi mana saja yang membuat baterai jadi boros. Tidak mengherankan kalau aplikasi media sosial mendominasi daftar ini.

Untuk menentukan penggunaan baterai masing-masing aplikasi, pCloud melihat fungsi apa saja yang dimiliki kamera, seperti kamera dan GPS. pCloud kemudian menetapkan angka untuk masing-masing fungsi berdasarkan potensi membuat baterai boros dan menerapkan metrik ini ke masing-masing aplikasi.

Mereka juga melihat beberapa fungsi yang bisa menghemat baterai seperti dark mode. Dengan mengevaluasi sederet metrik ini, pCloud menentukan 20 aplikasi yang paling boros baterai.

pCloud menemukan dua aplikasi teratas yang paling boros baterai adalah Fitbit dan Verizon. Dua aplikasi ini menggunakan 14 dari 16 fungsi background, termasuk empat yang paling menuntut kinerja baterai yaitu kamera, lokasi, mikrofon dan koneksi Wi-Fi.

Daftar aplikasi boros bateraiDaftar aplikasi boros baterai Foto: pCloud

Aplikasi kencan dan media sosial seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, Tinder dan Bumble juga masuk dalam daftar ini. Dari 20 aplikasi ini, hanya ada satu yang memiliki dark mode untuk menghemat baterai yaitu Instagram.

Aplikasi-aplikasi di atas rata-rata meminta izin untuk mengakses 11 fitur tambahan agar tetap berjalan di background termasuk kamera, mikrofon, Wi-Fi dan GPS. pCloud mengatakan aplikasi kencan termasuk yang paling boros baterai karena terus melacak lokasi bahkan di background.

Selain itu, pCloud juga membuat daftar 50 aplikasi yang paling menguras baterai dan memori internal. Selain 20 aplikasi di atas, daftar ini juga diisi oleh aplikasi seperti Twitter, Netflix, Reddit, Spotify, dan lain-lain, seperti dikutip dari Tom's Guide, Jumat (21/5/2021).

Daftar aplikasi boros bateraiDaftar aplikasi boros baterai dan memori Foto: pCloud

Tidak hanya konsumsi baterai, pCloud juga membuat daftar 30 aplikasi yang paling makan tempat di memori internal ponsel. Mereka menemukan aplikasi travelling dan transportasi mendominasi daftar ini seperti United Airlines (437,8MB), Lyft (325,1MB) dan Uber (299,6MB)

Sementara itu, aplikasi video conference yang banyak digunakan untuk sekolah dan kerja dari rumah juga termasuk boros memori. Seperti Microsoft Teams (232,2MB), Skype (111,2MB) dan Zoom (82,1MB).



Simak Video "WhatsApp Akan Bisa Dipakai di 4 Perangkat Sekaligus"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)