Tips WhatsApp agar Lebaran Digital Tetap Lancar

Tips WhatsApp agar Lebaran Digital Tetap Lancar

Rachmatunnisa - detikInet
Sabtu, 15 Mei 2021 08:41 WIB
Father and daughter looking at phone during raya celebration in Malaysia
Foto: Getty Images/ibnjaafar
Jakarta -

Situasi pandemi COVID-19 yang belum berakhir membuat umat Muslim masih harus merayakan Idul Fitri secara virtual. Beberapa kendala mungkin bisa menghambat kelancaran silaturahmi online kalian. Simak tipsnya!

Pengamat media sosial dari Komunikonten, Hariqo Wibawa Satria menyarankan untuk selektif memilih konten yang akan dibagikan. Salah satunya adalah, mempertimbangkan ukuran file agar tidak "berat" saat dibuka oleh penerima.

"Video dengan ukuran besar terkait hari besar keagamaan sebaiknya di posting di akun media sosial, sebab kalau diposting di grup percakapan online seperti WhatsApp, Telegram, dan lain-lain, cukup berat membukanya. Apalagi jika banyak anggota grup juga mengirimkan video," saran Hariqo lewat keterangan tertulisnya, Jumat (14/5/2021).

Namun menurutnya, ini juga tergantung situasi grup chat, jenis grup chatnya apa, jumlah anggota grup, dan lain-lain. Disebutkan Hariqo, konten yang paling efektif untuk grup WhatsApp adalah teks atau poster dengan ukuran kecil.

"Konten berupa teks langsung terbaca, sedangkan konten berapa poster dan video membutuhkan klik download, dan barulah terbaca. Ini sekadar saran agar pesan tersampaikan," tutupnya.

Karena pandemi COVID-19 yang belum juga usai, sebisa mungkin kita dianjurkan untuk tidak mengadakan acara kumpul-kumpul. Tak perlu sedih, meski tidak bisa bertemu secara langsung dengan teman-teman dan kerabat keluarga yang lain, kita bisa memaksimalkan silaturahmi online dengan Lebaran digital.



Simak Video "WhatsApp Kini Bisa Dipakai di 4 Perangkat Sekaligus, Berikut Faktanya..."
[Gambas:Video 20detik]
(rns/agt)