Kata Warung Pintar Soal Keramaian Pasar Tradisional Jelang Lebaran

Kata Warung Pintar Soal Keramaian Pasar Tradisional Jelang Lebaran

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 11 Mei 2021 21:37 WIB
Warung Pintar
Ilustrasi Warung Pintar. Foto: Dok. Warung Pintar
Jakarta -

Warung Pintar, yang bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI, membagikan 15 ribu hand sanitizer ke para pedagang di berbagai pasar di bawah naungan PD Pasar Jaya.

Bagi Warung Pintar ini adalah bentuk dukungan terhadap pelaku usaha mikro agar bisa produktif namun tetap menjaga protokol kesehatan. Terutama saat melonjaknya volume transaksi menjelang Lebaran di tengah pandemi ini.

"Menjelang Idul Fitri, volume transaksi dan kunjungan ke pasar tradisional cenderung mengalami peningkatan. Di sisi lain, angka positif COVID-19 di Indonesia sebenarnya masih tergolong tinggi dengan rata-rata 3.000 hingga 5.000 penambahan kasus setiap harinya," ujar Jiwo Damar Anarkie, Impact Manager Warung Pintar dalam keterangan yang diterima detikINET, Selasa (11/5/2021).

Menurut Warung Pintar, pasar tradisional memang masih menjadi pilihan utama masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, terutama menjelang lebaran. Mereka memberi contoh Pasar Induk Kramat Jati, yang tiap harinya kedatangan rata-rata 25 ribu orang.

"Melihat kondisi saat ini, berkaca juga dari lonjakan kasus COVID-19 karena libur panjang seperti yang terjadi di India, kita perlu terus menjalankan protokol kesehatan sebagai bentuk saling jaga antar satu sama lain," tambahnya.

Jiwo menambahkan, inisiatif serupa akan turut dijalankan di Surabaya, Banyuwangi, dan sekitarnya. Inisiatif ini merupakan langkah kecil yang Warung Pintar lakukan untuk menjaga para pelaku UMKM agar tetap tetap aman dalam berdagang.

Warung PintarWarung Pintar Foto: Dok. Warung Pintar

Mengingat peran penting para pelaku UMKM, termasuk pedagang di pasar tradisional, sebagai salah satu garda terdepan perekonomian Indonesia, Warung Pintar berharap agar infrastruktur alur distribusi secara digital yang sudah dibangun dapat memberikan manfaat yang lebih luas dan relevan di tengah pandemi.

Distribusi hand sanitizer sendiri merupakan inisiatif dari salah satu layanan Warung Pintar, yaitu Bantuan Pintar, sebuah layanan penyaluran bantuan sosial yang memanfaatkan infrastruktur alur distribusi yang telah dimiliki oleh Warung Pintar.



Simak Video "18 Hand Sanitizer Mengandung Zat Kimia Tinggi Ditarik Singapura"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)