Clubhouse Android Dirilis Saat Popularitasnya Merosot Tajam

Clubhouse Android Dirilis Saat Popularitasnya Merosot Tajam

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 10 Mei 2021 06:17 WIB
Clubhouse Android
Clubhouse di Android. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Akhirnya setelah lama dinanti Clubhouse Android resmi dirilis. Kehadirannya di saat popularitas media sosial berbasis audio-chat ini makin merosot tajam.

"Dengan Android, kami yakin Clubhouse akan terasa lebih lengkap. Kami sangat berterima kasih kepada semua pengguna Android di luar sana atas kesabaran mereka," kata Paul Davison dan Rohan Seth, duo pendiri Clubhouse.

"Apakah Anda seorang creator, penyelenggara club, atau seseorang yang hanya ingin menjelajah, kami sangat bersemangat untuk menyambut Anda di komunitas."

Clubhouse mulai menggulirkan aplikasinya di Android pada Minggu (9/5/2021) waktu Amerika Serikat. Saat detikINET coba mencarinya di Play Store, aplikasi Clubhouse sudah muncul hanya saja belum didownload. Ternyata Clubhouse Android masih terbatas untuk pengguna di Negeri Paman Sam saja.

"Rencana kami selama beberapa minggu ke depan adalah mengumpulkan umpan balik dari komunitas, memperbaiki masalah yang kami lihat dan bekerja untuk menambahkan beberapa fitur akhir seperti pembayaran dan pembuatan club sebelum meluncurkannya secara lebih luas," kata perusahaan itu dalam sebuah posting blog.

Aplikasi Android, yang menurut perusahaan telah menjadi permintaan teratas dari komunitasnya sejauh ini, akan diluncurkan ke pasar berbahasa Inggris lainnya dan seluruh dunia dalam beberapa hari dan minggu mendatang. Pengguna di luar AS saat ini dapat melakukan pra-register di Google Play Store, sehingga akan diberi tahu saat aplikasi tersedia di wilayah mereka.

Namun, Clubhouse mengatakan platform tersebut akan tetap hanya untuk undangan untuk saat ini. Artinya masih belum terbuka untuk semua orang. "Sebagai bagian dari upaya untuk menjaga pertumbuhan tetap terukur," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

Pertanyaannya apakah kehadiran Clubhouse di Android bakal kembali menaikkan popularitasnya yang kini makin merosot.

Awal tahun 2021, kepopuleran Clubhouse meledak. Aplikasi audio-sosial ini mencapai total unduhan 9,6 juta kali per Februari 2021. Namun kini, total unduhan Clubhouse merosot tajam menjadi cuma 900.000 ribuan kali.

Data Sensor Tower mencatat download Clubhouse saat ini sekitar 922.000 kali secara global pada bulan April. Angka ini mengalami penurunan 66% dari 2,7 juta install di bulan Maret dan lonjakan download 9,6 juta di bulan Februari.

"Pertumbuhan pengguna pada April tampaknya telah berkurang dalam beberapa bulan terakhir. Tetapi data menunjukkan retensi kuat di antara pengguna," kata Sensor Tower.

Sensor Tower menyebutkan, pengguna Clubhouse memang masih kuat karena mereka yang sudah mendownload masih menyimpan aplikasi tersebut dalam ponselnya.

Namun penurunan signifikan pada jumlah unduhan akan cukup mengkhawatirkan perusahaan. Angka itu berarti jumlah pengguna potensial aplikasi tersebut masih sedikit.

Makin mengkhawatirkan, sejumlah raksasa teknologi termasuk Facebook , Twitter , Discord , Spotify , Reddit , dan LinkedIn , telah meluncurkan layanan audio-chat. Bahkan Twitter Spaces sudah menjadi pesaing terberatnya bila melihat makin banyaknya pengguna media sosial berikon burung biru ini menggunakan layanan audio-chat ini.



Simak Video "Aplikasi Clubhouse Akhirnya Muncul di Android"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)