Total Download Clubhouse Merosot Tajam, Mulai Tak Populer?

Total Download Clubhouse Merosot Tajam, Mulai Tak Populer?

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 07 Mei 2021 04:11 WIB
Clubhouse
Foto: Hypebae
Jakarta -

Awal tahun 2021, kepopuleran Clubhouse meledak. Aplikasi audio-sosial ini mencapai total unduhan 9,6 juta kali per Februari 2021. Namun kini, total unduhan Clubhouse merosot tajam menjadi cuma 900.000 ribuan kali.

Penurunan jumlah unduhan pengguna ini menandakan adanya perlambatan pada platform tersebut. Dalam perjalanannya, data Sensor Tower mencatat download Clubhouse saat ini sekitar 922.000 kali secara global pada bulan April. Angka ini mengalami penurunan 66% dari 2,7 juta install di bulan Maret dan lonjakan download 9,6 juta di bulan Februari.

"Pertumbuhan pengguna pada April tampaknya telah berkurang dalam beberapa bulan terakhir. Tetapi data menunjukkan retensi kuat di antara pengguna," kata Sensor Tower, dikutip dari Business Insider, Jumat (7/5/2021).

Sensor Tower menyebutkan, pengguna Clubhouse memang masih kuat karena mereka yang sudah mendownload masih menyimpan aplikasi tersebut dalam ponselnya.

Namun penurunan signifikan pada jumlah unduhan akan cukup mengkhawatirkan perusahaan. Angka itu berarti jumlah pengguna potensial aplikasi tersebut masih sedikit.

Clubhouse sendiri mencoba berinovasi dengan menghadirkan berbagai fitur baru mulai dari layanan monetisasi konten hingga sejumlah program untuk membantu para kreator konten. Aplikasi ini juga sedang menyiapkan ketersediaan di platform Android untuk memperluas jangkauan pengguna. Namun tampaknya usaha itu masih belum cukup untuk menghadapi persaingan.



Simak Video "Clubhouse Android Beta Hadir di Seluruh Dunia pada Minggu Ini!"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)