Twitter Uji Coba Fitur Tip Jar, Bisa Kirim Uang ke Akun Favorit

Twitter Uji Coba Fitur Tip Jar, Bisa Kirim Uang ke Akun Favorit

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 09 Mei 2021 08:15 WIB
Ilustrasi twitter
Twitter Uji Coba Fitur Tip Jar, Bisa Kirim Uang ke Akun Favorit (Foto: twitter)
Jakarta -

Twitter mulai menguji coba fitur Tip Jar di aplikasi Android dan iOS. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna Twitter untuk mengirimkan uang langsung ke akun favoritnya.

Saat ini fitur tersebut terbatas untuk pengguna di seluruh dunia yang menggunakan Twitter dalam bahasa Inggris. Semua pengguna Twitter sudah bisa mengirimkan tip, tapi yang bisa mengaktifkan fitur ini dan menerima tip hanya akun kreator, jurnalis, ahli dan nirlaba.

Untuk mengirimkan uang ke akun favorit, cukup buka profil mereka di aplikasi Twitter lalu tap ikon uang yang ada di samping username. Akun yang sudah memenuhi syarat bisa mengaktifkan fitur ini lewat Settings untuk mulai menerima tip, seperti dikutip dari The Verge, Minggu (9/5/2021).

Pengguna Twitter di Android juga bisa memberikan tip ke akun favoritnya lewat fitur Spaces. Twitter sendiri telah meluncurkan fitur mirip Clubhouse ini ke semua pengguna yang telah memiliki lebih dari 600 followers.

Twitter mengandalkan layanan eksternal untuk menangani transaksi ini yaitu Bandcamp, Cash App, Patreon, PayPal dan Venmo. Perusahaan berlogo burung ini mengatakan mereka tidak mengambil komisi dari tip yang diberikan, jadi semuanya akan diterima pengguna secara penuh.

Meski masih dalam tahap uji coba, pengguna sudah mulai melihat banyak isu yang harus ditangani oleh Twitter. Seperti yang dilaporkan akun @RachelTobac, saat ini penerima tip lewat PayPal bisa melihat alamat pemberi tip.

Dalam update terbarunya, Twitter mengakui masalah tersebut. Mereka mengatakan akan memperbarui peringatan dan Pusat Bantuan pemberian tip untuk memperjelas aplikasi lain bisa berbagi informasi antara pemberi dan penerima tip sesuai persyaratan mereka.

Twitter berjanji akan memberikan detail dan update terbaru dalam waktu dekat. Mereka juga akan memperluas ketersediaan fitur ini untuk lebih banyak pengguna dan lebih banyak bahasa.



Simak Video "Mudah! Cara Bagikan Cuitan Twitter ke Instagram Stories"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)