Ikuti TikTok, Instagram Stories Kini Punya Fitur Captions Otomatis

Ikuti TikTok, Instagram Stories Kini Punya Fitur Captions Otomatis

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 05 Mei 2021 13:19 WIB
Fitur captions otomatis di Instagram Stories
Ikuti TikTok, Instagram Stories Kini Punya Fitur Captions Otomatis Foto: Dok. Instagram
Jakarta -

Instagram menghadirkan fitur baru yang membuat Stories jadi lebih mudah dinikmati. Instagram Stories kini memiliki fitur stiker captions yang bisa mentranskripsi ucapan di video secara otomatis.

Fitur ini akan sangat berguna bukan hanya untuk pengguna Instagram yang memiliki gangguan pendengaran atau tuna rungu, tapi juga pengguna yang ingin menonton video tanpa suara atau sedang tidak memiliki headphone.

Untuk menampilkan captions di Instagram Stories, pengguna harus merekam video baru menggunakan kamera Stories atau Reels di aplikasi Instagram. Pengguna juga bisa memilih video yang ada di galeri ponsel.

Setelah itu tap ikon stiker dan cari stiker 'Captions' di menu tray yang ada. Sama seperti opsi teks lainnya di Stories, pengguna bisa mengubah gaya, posisi, dan warna captions yang muncul.

Pengguna juga bisa mengedit kata di dalam captions untuk memperbaiki ejaan, tanda baca, atau kata apapun yang tidak ditranskripsikan dengan akurat. Setelah Stories diunggah, captions itu akan tampil di dalam video dan bisa dilihat oleh pengguna lainnya.

Saat ini fitur stiker captions ini hanya tersedia dalam bahasa Inggris dan di negara yang berbahasa Inggris. Tapi Instagram berencana untuk menggulirkannya dalam bahasa lain di lebih banyak negara dalam waktu dekat, seperti dikutip dari Tech Crunch, Rabu (5/5/2021).

Fitur ini diluncurkan terlebih dulu di Stories, tapi Instagram sudah menguji cobanya di Reels dan akan segera digulirkan untuk publik.

Fitur stiker captions ini pertama kali ditemukan tahun lalu saat masih dikembangkan bersama calon fitur lainnya seperti stiker Collab, Link, Reshare, dan lain-lain. Stiker captions ini mulai diuji coba pada awal musim semi ini oleh beberapa pengguna Instagram.

Menariknya, Instagram mengumumkan fitur captions otomatis ini hanya beberapa minggu setelah TikTok meluncurkan fitur serupa bernama auto captions.

Tapi kedua produk ini sedikit berbeda karena auto captions TikTok bisa mentranskripsi ucapan ke dalam bahasa Inggris atau Jepang, tapi teksnya tidak bisa diedit. Fitur ini belum banyak digunakan oleh kreator TikTok karena mereka lebih memilih menggunakan captions buatan sendiri atau lewat aplikasi pihak ketiga.

Instagram menekankan mereka sebelumnya telah meluncurkan fitur captions untuk IGTV dan aplikasi Threads. Tapi dengan diluncurkan di Stories, fitur ini akan menjangkau lebih banyak pengguna mengingat Instagram Stories digunakan oleh lebih dari 500 juta orang setiap hari.



Simak Video "Instagram Suguhkan Fitur Guide yang Mirip Blog"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)