Netflix Rilis 'Play Something', Bisa Putar Film Secara Otomatis

Netflix Rilis 'Play Something', Bisa Putar Film Secara Otomatis

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 30 Apr 2021 12:30 WIB
Netflix rilis fitur Play Something secara global
Netflix Rilis Fitur 'Play Something', Bisa Putar Film Secara Otomatis Foto: dok. Netflix
Jakarta -

Pengguna Netflix kini tidak perlu bingung lagi ingin menonton apa. Layanan streaming ini meluncurkan fitur 'Play Something' yang bisa memilih film atau serial TV secara otomatis, mirip seperti tombol shuffle di layanan streaming musik.

Fitur ini dirancang untuk memudahkan pengguna mencari film atau serial TV yang ingin ditonton tanpa perlu menjelajahi katalog Netflix yang sangat luas. Dengan fitur ini, pengalaman menggunakan Netflix jadi mirip seperti menonton di TV konvensional.

"Apakah kalian sedang ingin menonton program baru atau program favorit yang familiar, cukup 'Play Something' dan biarkan Netflix menangani sisanya," kata Director of Product Innovation Netflix Cameron Johnson dalam keterangan resminya, seperti dikutip dari Variety, Jumat (30/4/2021).

Netflix telah menguji fitur ini selama dua tahun terakhir. Fitur ini sempat mengusung banyak nama berbeda, termasuk 'Shuffle Play', sebelum akhirnya diluncurkan secara global dengan nama Play Something.

Play Something baru akan tersedia untuk aplikasi Netflix di TV dan akan diluncurkan di aplikasi Android-nya dalam waktu dekat. Netflix belum mengungkap apakah fitur ini akan tersedia di aplikasi iOS dan desktop.

Di aplikasi TV, tombol Play Something bisa ditemukan di tiga area yaitu di bagian bawah nama profil saat pertama kali membuka Netflix, di baris ke-10 halaman depan Netflix, dan di menu navigasi yang ada di sebelah kiri layar.

Netflix menekankan bahwa fitur ini bukan sekedar tombol shuffle yang akan memutar film atau serial TV secara acak. Fitur ini akan melihat profil pengguna serta selera film dan serial TV mereka untuk memilih program yang serupa dengan apa yang pernah ditonton sebelumnya.

Jika diklik, tombol Play Something akan menampilkan konten yang sudah dikurasi menggunakan algoritma Netflix. Judul yang ditampilkan bisa saja merupakan film atau serial TV yang sedang ditonton, yang ada di dalam daftar tonton, yang belum selesai ditonton atau yang sudah lama tidak ditonton, atau film dan serial baru yang direkomendasikan oleh Netflix.



Simak Video "Netflix Dikabarkan Sedang Siapkan Video Games di Platform-nya"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)