Filter Cahaya Biru Smartphone Ternyata Tak Berguna untuk Mata

Filter Cahaya Biru Smartphone Ternyata Tak Berguna untuk Mata

Josina - detikInet
Rabu, 28 Apr 2021 13:16 WIB
Ilustrasi smartphone
Foto: Freepix
Jakarta -

Banyak smartphone saat ini sudah dibenamkan fitur dark mode yang mana fitur ini akan menampilkan teks putih dengan latar belakang berwarna gelap. Ada lagi fitur blue filter atau eye comfort. Tujuannya untuk mengurangi jumlah cahaya biru yang dipancarkan dari smartphone.

Blue filter selama ini diklaim membantu kesehatan mata jika pengguna melihat layar dalam waktu lama khususnya terlebih saat sebelum tidur. Namun, riset baru yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Brigham Young dan Pusat Medis Rumah Sakit Anak Cincinnati menemukan adanya masalah pada blue light filtering atau filter cahaya biru.

Dilansir detiKINET dari Ubergizmo, Rabu (28/4/2021) riset tersebut yang melibatkan dari 167 responden usia muda, menemukan bahwa cahaya biru yang dipancarkan dari smartphone nyatanya membantu dalam mempengaruhi pola tidur pengguna smartphone, daripada untuk menjaga kesehatan mata mereka.

Ilmuwan menemukan bahwa meskipun tidak menggunakan telepon sebelum tidur memang meningkatkan kualitas tidur, tapi itu tidak cukup untuk menyimpulkan bahwa cahaya biru buruk bagi pengguna.

Sebaliknya, para peneliti menyarankan bahwa mungkin keterlibatan psikologis dari penggunaan smartphone sebelum tidur yang memainkan peran lebih besar dalam mempengaruhi kualitas tidur.

"Meskipun ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa cahaya biru meningkatkan kewaspadaan dan membuat lebih sulit untuk tidur, penting untuk memikirkan bagian mana dari rangsangan itu yang ringan emisi versus stimulasi kognitif dan psikologis lainnya," Kata Chad Jensen salah satu peneliti yang mengerjakan riset tersebut.



Simak Video "Terus Merugi, Bisnis Smartphone LG Gulung Tikar"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)