Bikin Kaget! Ada QR Code Raksasa Melayang di Langit

Bikin Kaget! Ada QR Code Raksasa Melayang di Langit

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 27 Apr 2021 17:11 WIB
Drone Bilibili
QR Code terlihat melayang di langit. Foto: dok Bilibili
Jakarta -

Warga dibuat terkejut dengan kemunculan QR Code raksasa yang melayang di langit, tepat di atas sungai Huangpu, Shanghai, pada akhir pekan lalu. Tapi tenang bukan alien yang memunculkannya.

Melainkan perusahaan streaming video China, Bilibili. Mereka merayakan kelima perilisan game role-playing Princess Connect! Re: Dive.

Sebanyak 1.500 drone diterbangkan dari tepi sungai. Drone tersebut dilengkapi lampu untuk membentuk logo game Princess Connect! Re: Dive serta karakter terkenal dari game tersebut.

Pertunjukan diakhiri dengan kode QR raksasa. Bila orang memindai barcode tersebut akan dihantar laman khusus game tersebut untuk dapat mengunduh game tersebut dan menerima suvenir.

Pertunjukan drone tepi sungai Huangpu, Shanghai telah menjadi strategi periklanan populer di China selama beberapa tahun terakhir. Namun, pembuatan kode QR raksasa untuk mengiklankan game dilakukan untuk pertama kalinya.

Foto kampanye iklan ini menjadi viral di Twitter Minggu lalu, menyebabkan banyak reaksi yang mencengangkan bagi komunitas online global tentang periklanan China.

Drone Bilibili1.500 drone membentuk QR code. Foto: dok Bilibili

Beberapa bahkan membandingkan kinerja drone dengan iklan dalam film fantasi futuristik populer Blade Runner 2049, di mana iklan holografik raksasa bersaing untuk menarik perhatian semua orang dan terus mendorong mereka untuk membeli dan mengonsumsi lebih banyak.

Strategi Bilibili dinilai tepat, karena ratusan juta orang di China menggunakan kode QR dalam kehidupan sehari-hari, seringkali untuk membayar dengan aplikasi yang dikembangkan oleh raksasa teknologi seperti Alibaba dan Tencent.

Bahkan selama pandemi COVID-19, otoritas setempat menugaskan penduduk memasang gambar kode QR untuk mengelola krisis kesehatan masyarakat. Warga harus menunjukkan kode tersebut di smartphone mereka sebelum memasuki tempat umum.

Drone BilibiliDrone membentuk karakter game Princess Conect, Re: Dive. Foto: dok Bilibili


Simak Video "Mal di Makassar Gunakan Sistem QR Code untuk Pantau Pengunjung"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)