Panggil Google Assistant Tak Perlu Lagi Pakai 'OK Google'

Panggil Google Assistant Tak Perlu Lagi Pakai 'OK Google'

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 26 Apr 2021 20:14 WIB
Google Assistant, Ilustrasi Google Assistant
Panggil Google Asisstant Tak Perlu Lagi Pakai 'OK Google' Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta -

Sejak diluncurkan, asisten suara Google Assistant hanya bisa diaktifkan dengan menyuarakan perintah seperti 'Hey Google' atau 'OK Google'. Tapi sepertinya hal itu akan segera berganti untuk beberapa perintah.

Berdasarkan kode yang ditemukan oleh Android Police dan 9to5Google, Google sedang menguji coba fitur dengan nama 'Guacamole' yang memberikan pengguna jalan pintas untuk mengaktifkan beberapa perintah di Google Assistant. Artinya, pengguna tidak perlu lagi mengatakan 'Hey Google' sebelum memberikan perintahnya.

Keberadaan fitur Guacamole pertama kali ditemukan di menu pengaturan di aplikasi Google versi 12.8. Fitur ini sepertinya dikembangkan Google dengan sangat rahasia karena mereka menggunakan deskripsi yang samar-samar.

Dengan fitur ini bukan berarti Google Assistant akan terus mendengarkan semua hal yang kalian katakan. Fitur ini hanya bisa mengaktifkan beberapa perintah tertentu, seperti menjawab telepon atau mendiamkan alarm.

Jadi, dengan fitur baru ini pengguna bisa meminta Google Assistant untuk mendiamkan alarm dengan hanya mengatakan 'Stop' atau 'Snooze' tanpa perlu mendahuluinya dengan mengatakan 'Hey Google'.

Sementara itu saat ada panggilan yang masuk, pengguna cukup mengatakan 'Answer/decline the call' ke Google Assistant, seperti dikutip dari The Verge, Senin (26/4/2021).

Fitur seperti ini sebenarnya bukan hal yang baru karena Google sudah memasukkannya ke speaker dan layar pintar Google Home dan Google Nest Hub yang dikenalkan tahun 2019. Jadi sebenarnya pengguna Google Assistant telah bisa mematikan alarm dengan mengatakan 'stop' selama hampir dua tahun.

Saat ini Google sedang menguji coba fitur ini secara internal dengan karyawannya. Belum diketahui kapan fitur ini akan diumumkan secara resmi, mungkin pada gelaran Google I/O yang akan diselenggarakan pada 18 Mei mendatang.



Simak Video "Google Doodle Rayakan 90 Tahun Go Tik Swan"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)