7 Aplikasi Al Quran Terbaik, Ngaji Yuk!

7 Aplikasi Al Quran Terbaik, Ngaji Yuk!

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 11 Apr 2021 12:01 WIB
Aminin
7 Aplikasi Al Quran Terbaik, Ngaji Yuk! Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Bulan Ramadhan adalah waktunya untuk lebih banyak beribadah, salah satunya dengan mengaji. Di zaman yang makin canggih ini, mengaji bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja berkat banyaknya aplikasi Al Quran yang tersedia di toko aplikasi.

Menariknya, beberapa aplikasi ini tidak hanya menawarkan Al Quran digital tapi juga fitur-fitur Islami lainnya seperti arah kiblat, jadwal sholat, dan lain-lain jadi sangat membantu untuk beribadah di bulan Ramadhan dengan lebih nyaman.

Berikut tujuh aplikasi Al Quran dengan rating dan penilaian terbaik di Google Play Store yang paling direkomendasikan. Ada yang sudah kamu pakai detikers?

1. Umma

UmmaUmma Foto: Umma

Umma adalah aplikasi komunitas muslim buatan anak bangsa yang cukup dikenal. Aplikasi ini menghadirkan banyak fitur yang bisa membantu umat muslim beribadah, mulai dari Al Quran digital, jadwal sholat, petunjuk arah kiblat, dan kelas belajar agama uClass.

Untuk membantu mengaji di bulan Ramadhan, fitur Al Quran yang tersedia di Umma memiliki beberapa fitur tambahan seperti terjemahan dalam berbagai bahasa, panduan tajwid, fitur pencari surah atau juz yang spesifik, dan bookmark untuk menandai posisi bacaan terakhir.

2. Quran Best

Quran Best PhotoQuran Best Foto: Istimewa

Quran Best adalah aplikasi Al Quran lainnya buatan muslim Indonesia. Aplikasi ini dirancang agar semirip mungkin dengan Al Quran cetak sehingga lebih nyaman saat dibaca.

Fitur Al Quran yang tersedia terbilang cukup lengkap, mulai dari terjemahan dan tafsir, pencarian ayat berdasarkan kata kunci, bookmark, mode malam, dan murottal 30 juz dari para qori terbaik.

Quran Best juga memiliki fitur pendukung untuk membantu beribadah selama bulan Ramadhan seperti pencatat jumlah lembar tilawah, jadwal sholat dan azan, podcast Islami, Group Ngaji lewat fitur chat, dan pencari masjid terdekat.

3. Al Quran Indonesia

Al Quran IndonesiaAl Quran Indonesia Foto: Al Quran Indonesia

Aplikasi besutan developer Andi Unpam ini menghadirkan Al Quran terjemahan bahasa Indonesia dan audio mp3 murottal full, 114 surah, atau 30 juz.

Aplikasi Al Quran Indonesia terbilang cukup kaya fitur, seperti opsi membaca al Quran dalam mode landscape atau portrait, mode malam, tajwid berwarna, fungsi menyalin, membagikan dan bookmark ayat Al Quran, serta backup-restore bookmark dan penanda bacaan terakhir ke cloud.

Ada juga fitur pelengkap seperti jadwal sholat, imsakiyah, arah kiblat dan kalender hijriah. Semua fitur ini bisa diakses secara offline dan gratis.

Halaman selanjutnya: Al Quran Bahasa Indonesia sampai Aminin...

4. Al'Quran Bahasa Indonesia

Aplikasi Al QuranAl'Quran Bahasa Indonesia Foto: Screenshot/detikINET

Sesuai namanya, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membaca Al Quran dalam bahasa Indonesia. Untuk membantu membaca dengan lebih mudah, Al'Quran Bahasa Indonesia memiliki fitur warna tajwid.

Untuk pengguna versi gratis, fitur warna tajwid ini hanya tersedia di dua surat pertama. Untuk mengakses fitur tersebut secara penuh, kamu haru upgrade ke fitur advanced.

Fitur lainnya yang ditawarkan di aplikasi ini antara lain pengingat doa, menyalin ayat, menambahkan ayat ke favorit, membagikan ayat ke media sosial, pengingat salat, dan audio pembacaan bahasa Arab dalam setiap surat.

5. Quran for Android

Aplikasi Al QuranQuran for Android Foto: Screenshot/detikINET

Quran for Android termasuk salah satu aplikasi Al Quran terbaik yang ada di Play Store. Aplikasi buatan pengembang Quran.com ini memiliki tampilan yang sederhana dan mudah digunakan.

Agar tetap nyaman mengaji di malam hari, Quran for Android memiliki fitur mode malam. Fitur lain yang ditawarkan antara lain terjemahan hingga 20 bahasa, pemutaran audio, bookmark, menandai dan membagikan ayat.

6. Aminin

AmininAminin Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Satu lagi aplikasi Al Quran buatan anak negeri lainnya yaitu Aminin. Aplikasi ini dikembangkan oleh Bahaso Intermedia Cakrawala, developer yang juga pengembang aplikasi belajar bahasa Bahaso.

Aplikasi ini menampilkan surah-surah Al Quran dalam kartu warna-warni yang membuatnya lebih mudah dan menarik untuk dibaca. Di bagian bawah setiap kartu terdapat tombol play yang jika ditekan akan memutar lantunan ayat yang dibaca oleh qori.

Tidak hanya untuk mengaji, Aminin juga memiliki fitur untuk menguji kemampuan membaca dan memahami Al Quran. Fitur pendukung lainnya antara lain terjemahan dan tafsir, bookmark, penanda ayat, dan fitur membagikan ayat ke media sosial.

7. Al-Quran (Tafsir & by Word)

Aplikasi Al QuranAl-Quran (Tafsir & by Word) Foto: Screenshot/detikINET

Terakhir ada Al-Quran (Tafsir & by Word) yang menyediakan tafsir dan terjemahan ke dalam lebih dari 35 bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Aplikasi ini memang dikhususkan untuk membaca Al Quran tanpa ada fitur ibadah lainnya, tapi fitur Al Quran yang ditawarkan terbilang cukup lengkap.

Al-Quran (Tafsir & by Word) memiliki fitur pemutaran mp3 untuk 30 juz atau 114 surah dari 30 qori. Sistem audionya pun cukup lengkap dengan fitur repeat dan group playback yang memudahkan pengguna untuk menghapal Al Quran.

Selain itu ada sederet fitur pendukung seperti tajwid berwarna untuk memandu mengaji, fitur zoom untuk memperbesar tampilan, fitur scrolling otomatis, serta menyalin dan membagikan ayat.

(vmp/fay)