Mulai Cuan, Kreator Clubhouse Sudah Bisa Cari Duit

Mulai Cuan, Kreator Clubhouse Sudah Bisa Cari Duit

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 06 Apr 2021 17:14 WIB
Clubhouse terancam diblokir di Indonesia, hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang aplikasi yang sedang trend ini
Mulai Cuan, Kreator Clubhouse Sudah Bisa Cari Duit. Foto: BBC Indonesia
Jakarta -

Clubhouse punya fitur baru yang memungkinkan kita membayar para kreator konten. Aplikasi audio sosial ini pun bisa dipakai untuk cari uang.

Dikutip dari The Verge, Selasa (6/4/2021) ini menjadi fungsi monetisasi pertama yang terpasang langsung di aplikasi Clubhouse. Sejauh ini, Clubhouse tidak mengenakan biaya potongan penghasilan, sehingga kreator konten Clubhouse bisa mendapatkan keuntungan yang dibayarkan kepada mereka 100%.

Namun belum semua pengguna Clubhouse bisa memanfaatkan fungsi ini. Clubhouse akan meluncurkan ketersediaannya secara bertahap hingga bisa dipakai semua pengguna. Saat ini, fitur tersebut baru dimulai di kalangan pengguna tertentu secara terbatas.

Untuk membayar kreator konten di Clubhouse, pengguna bisa tap profil orang tersebut, lalu tap 'Send Money' (Kirim Uang), lalu pilih nominal uang yang akan dikirimkan. Ada biaya tambahan berupa administrasi kartu kredit atau debut yang digunakan.

Biaya ini dibayarkan ke Stripe, yang merupakan mitra pemrosesan pembayaran Clubhouse. Nantinya, ketika pertama kali pengguna akan mengirimkan uang untuk seorang kreator konten, Clubhouse akan meminta pengguna memasukkan kartu kredit atau debit.

Kabar tentang fungsi monetisasi ini datang hanya beberapa minggu setelah Clubhouse mengumumkan program akselerator untuk para pembuat konten pertamanya, yang bernama Clubhouse Creator First. Program ini akan melibatkan 20 host dan pembuat konten untuk membantu mereka membangun audiensi dan memonetisasi acara mereka.

Program tersebut, ditambah dengan adanya fungsi pembayaran, akan memberi kesempatan bagi para kreator untuk berkarya. Mereka juga akan lebih betah dan tidak mudah berpaling ke platform lain yang saat ini banyak berlomba meniru Clubhouse.



Simak Video "Awas! Beredar Aplikasi Clubhouse Palsu di Android"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)