Ssst! Siri Bakal Bisa Berbisik Biar Tak Berisik

Ssst! Siri Bakal Bisa Berbisik Biar Tak Berisik

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 05 Apr 2021 11:32 WIB
Fitur asisten digital Apple
Foto: Getty Images
Jakarta -

Terkadang kita berada di ruangan yang sepi, tapi perlu menyuruh Siri melakukan sesuatu. Bagaimana kalau Siri bersuara keras? Tenang, nantinya Siri akan bisa berbisik agar tidak berisik.

Sebaliknya, jika kalian berada di keramaian dan sulit mendengar perkataan Siri, asisten virtuak di perangkat iOS ini bisa berteriak lantang sehingga lebih mudah terdengar.

Kemampuan ini memang belum dapat dipastikan kapan tersedia. Memang tidak dalam waktu dekat, namun yang pasti rencana yang kemungkinan besar akan diwujudkan ini sesuai dengan deskripsi paten terbaru yang diajukan oleh Apple.

Dikutip dari Apple Insider, paten ini mendeskripsikan bahwa di masa depan, Siri dapat memodulasi volume dan ucapannya berdasarkan faktor lingkungan. Artinya, suatu hari nanti Siri dapat berbicara lebih lembut atau lebih keras tergantung situasi ruangan.

Fungsi ini juga dapat ditentukan oleh cara kita berbicara dengan Siri. Jadi jika kita berbisik, Siri juga akan membalasnya dengan berbisik. Kalau kita berteriak, Siri menganggapnya sedang berada di tempat yang bising sehingga dia akan berteriak balik.

Sejauh ini, karena kabar ini baru berupa paten, kita belum bisa memastikan bahwa rencana ini 100% akan diwujudkan Apple. Namun Apple sebenarnya bukan yang pertama memikirkan fungsi seperti ini.

Amazon sudah lebih dulu memiliki fitur serupa untuk asisten digitalnya, Alexa. Jadi jika nantinya kemampuan ini ada di Siri, sepertinya Apple berupaya mengejar ketinggalan.



Simak Video "Apple Bakal Bikin Siri Berbahasa Indonesia "
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)