Clubhouse Butuh Beberapa Bulan Lagi untuk Luncurkan Aplikasi Android

Clubhouse Butuh Beberapa Bulan Lagi untuk Luncurkan Aplikasi Android

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 24 Mar 2021 07:16 WIB
Clubhouse
Clubhouse Butuh Beberapa Bulan Lagi untuk Luncurkan Aplikasi AndroidFoto: Hypebae
Jakarta -

Clubhouse akhirnya memberikan perkiraan kapan aplikasi Android-nya akan diluncurkan. Aplikasi audio chat ini masih butuh waktu untuk mengembangkan aplikasi Android dan mungkin baru akan diluncurkan beberapa bulan lagi.

Hal ini diungkapkan oleh co-founder Clubhouse Paul Davison dalam pertemuan townhall akhir pekan lalu. Clubhouse sendiri telah mulai mengembangkan aplikasi untuk Android setelah menggaet software developer Android bulan lalu.

Dalam blog post yang diterbitkan Januari lalu, Clubhouse mengatakan akan segera mengembangkan aplikasi Android tapi mereka tidak memberikan jangka waktu soal peluncurannya ke publik.

Sementara itu, rival-rivalnya memanfaatkan kesempatan dan ikut meluncurkan fitur audio chat. Seperti Twitter Spaces yang rencananya akan diluncurkan secara publik ke semua pengguna di Android dan iOS pada April mendatang.

Dalam pertemuan tersebut, Davison mengatakan membuka platform ke lebih banyak pengguna, termasuk ke Android, membutuhkan proses yang lebih lambat.

Ia mengatakan seiring berkembangnya Clubhouse, pengalaman mencari konten di aplikasi jadi ikut terdampak. Ia mencontohkan pengguna saat ini melihat lebih banyak konten dalam bahasa asing, dan pengguna jadi kesulitan mencari teman dan konten terbaik, seperti dikutip dari TechCrunch, Rabu (24/3/2021).

Untuk mengatasi isu ini, Clubhouse berencana melakukan beberapa perubahan. Beberapa di antaranya adalah merombak feed Activity, memudahkan pengguna mengontrol notifikasi, dan meluncurkan fitur personalisasi seperti memberikan rekomendasi percakapan.

Selain itu, Davison berencana mengubah status Clubhouse yang eksklusif dan membutuhkan undangan untuk bergabung menjadi lebih terbuka untuk siapa saja dalam beberapa bulan ke depan.

"Akan menjadi sangat penting jika kita membuka diri untuk semua orang," kata Davison.

"Android akan menjadi sangat penting. Pelokalan jelas akan menjadi sangat penting," pungkasnya.



Simak Video "Awas! Beredar Aplikasi Clubhouse Palsu di Android"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)