Saingi Clubhouse, Telegram Rilis Fitur Voice Chat 2.0

Saingi Clubhouse, Telegram Rilis Fitur Voice Chat 2.0

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 22 Mar 2021 09:31 WIB
Telegram merilis fitur Voice Chat 2.0 untuk menyaingi Clubhouse yang lagi naik daun.
Foto: Telegram
Jakarta -

Aplikasi media sosial (medsos) Clubhouse punya pesaing baru. Telegram baru saja merilis fitur obrolan suara yang siap mengobrak-abrik Clubhouse.

Di awal 2021 ini, Clubhouse datang sebagai medsos yang tak biasa, memungkinkan para penggunanya berkomunikasi membahas topik tertentu yang hanya berbasis audio. Hanya saja, Clubhouse sejauh ini hanya tersedia bagi pengguna smartphone iOS.

Celah tersebut rupanya jadi peluang bagi Telegram dengan menghadirkan fitur Voice Chat 2.0. Secara fungsi, fitur ini kurang lebih sama dengan Clubhouse, pengguna dapat bergabung dengan saluran dan grup untuk mendiskusikan sesuatu.

"Admin saluran dan grup publik dapat menggelar obrolan suara untuk jutaan pendengar secara langsung. Tidak peduli seberapa populer pembicaraan Anda, orang-orang baru akan dapat mendengarkannya. Ini seperti radio publik yang diciptakan kembali di abad ke-21," tulis Telegram dalam laman blognya.

Awalnya, obrolan suara ini pertama kali muncul pada Desember lalu. Namun kini setelah dilakukan pengembangan dan dinilai sudah matang, obrolan suara resmi diperkenalkan ke pengguna.

Dalam pembaruan obrolan suara ini, Telegram memberikan keleluasaan bagi peserta diskusi tersebut untuk merekam, memuat daftar peserta, tautan undangan bagi pembicara dan pendengar, judul obrolan suara, angkat tangan, hingga memungkinkan tokoh terkenal bergabung.

Selain Telegram, ada berbagai pemain medsos lama disebut-sebut akan menyaingi Clubhouse, seperti Facebook, Instagram, hingga Twitter. Apakah mereka berhasil menyaingi Clubhouse atau malah jadi tren semata? Menurut detikers bagaimana?



Simak Video "Penjelasan Polri soal Netizen yang 'Diproses' Usai Komentari Gibran"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/afr)