Gmail Cs Eror, Google Sarankan Update

Gmail Cs Eror, Google Sarankan Update

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Selasa, 23 Mar 2021 21:45 WIB
Ilustrasi perempuan menggunakan ponsel
Ilustrasi (Foto: iStock)
Jakarta -

Sejumlah orang mengeluhkan Gmail dan aplikasi lain di Android bermasalah. Ada yang kesulitan mengakses atau ada fitur yang tidak berfungsi. Google menyarankan pengguna untuk melakukan update.

Masalah eror ini tidak cuma terjadi di Indonesia, tapi juga terjadi global. Namun memang tidak semua orang mengalaminya dan dalam tingkat masalah yang berbeda-beda.

Pengguna Android melaporkan masalah di berbagai aplikasi seperti Gmail, Yahoo Mail dan aplikasi Google lain yang masih sulit untuk diakses. Media Express di Inggris memberitakan pengguna tidak bisa membuka Gmail dan YouTube. Netizen pun menyampaikan keluh kesah mereka di media sosial.

Sementara dilansir dari CNN Indonesia, para pengguna Android hari ini melaporkan tidak bisa memakai sejumlah aplikasi seperti Gmail, Yahoo Mail, BCA Mobile, HBO Go, Shopee dll.

Menurut Google, hal ini disebabkan oleh komponen pada Android System WebView yang memungkinkan aplikasi Android menampilkan konten web alami crash. Masalah pada sistem itu dimulai pada Senin (22/3) sore kemarin dan berlangsung sekitar tujuh jam.

Google mengklaim kini telah menyediakan update terbaru yang mengharuskan pengguna memperbarui tampilan web ke versi 89.0.4389.105 dan Google Chrome ke versi terbaru yang tersedia di Google Play.

"Kami menyadari masalah dengan WebView yang menyebabkan beberapa aplikasi di Android eror untuk beberapa pengguna," kata Google dalam sebuah pernyataan seperti dikutip The Verge, Selasa (23/3/2021).

Google mengatakan hingga saat ini pihaknya masih berupaya untuk memvalidasi masalah dan melakukan perbaikan yang kini tengah berlangsung. Apakah detikers mengalami masalah ini juga? Ceritakan pengalaman Anda di kolom komentar.



Simak Video "Bantah Layanannya Down, Begini Penjelasan Google Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)