Instagram Lite Dirilis Kembali, Kini Rambah 170 Negara

Instagram Lite Dirilis Kembali, Kini Rambah 170 Negara

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 13 Mar 2021 07:45 WIB
Instagram Lite hadir kembali setelah sempat menghilang sejak pertengahan tahun lalu.
Instagram Lite Dirilis Kembali, Kini Rambah 170 Negara (Foto: Instagram)
Jakarta -

Instagram Lite pertama kali diluncurkan pada tahun 2018, tapi kemudian ditarik dari Google Play Store pada pertengahan tahun 2020. Kini aplikasi Instagram versi lebih ringan itu hadir kembali dan merambah 170 negara.

Instagram Lite versi baru ini membawa sejumlah perubahan dibandingkan versi sebelumnya. Ukuran aplikasinya masih tetap kecil yaitu hanya 2 MB, jauh lebih kecil daripada Instagram reguler yang membutuhkan 30 MB.

Tapi ukurannya sedikit lebih besar dibandingkan Instagram Lite sebelumnya yang hanya membutuhkan 573 KB. Ukuran yang lebih besar ini memungkinkan hadirnya fitur-fitur baru seperti mengirimkan DM serta merekam dan mengunggah video.

Instagram Lite juga menampilkan tab Reels di halaman utama, tapi fitur Shopping dan IG Live ditiadakan. Tapi tab ini hanya bisa digunakan untuk menonton Reels karena aplikasi Instagram Lite tidak bisa digunakan untuk membuat Reels.

Pengguna juga tidak bisa menggunakan fitur yang membutuhkan banyak data, seperti filter augmented reality, karena aplikasi ini dirancang untuk pengguna dengan kecepatan internet dan spesifikasi pas-pasan. Tapi tim Instagram mengaku sedang menelusuri opsi tersebut.

Fitur lainnya yang tidak terlalu boros data dan penyimpanan seperti stiker, GIF dan teks untuk Stories masih bisa digunakan, seperti dikutip dari The Verge, Sabtu (13/3/2021).

Instagram Lite juga akan kedatangan tampilan dark mode dalam waktu dekat yang menggunakan latar belakang warna hitam dengan teks abu-abu. Product Manager Facebook Michelle Lourie mengatakan fitur ini paling banyak diminta oleh pengguna bahkan sebelum Instagram Lite dirilis.

Instagram Lite mulai digulirkan ke 170 negara dan bisa diunduh lewat Google Play Store. Saat ini belum ada rencana untuk menghadirkan Instagram Lite di iOS.



Simak Video "Facebook hingga Instagram Sempat Down, Ini Penyebabnya"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)