WhatsApp Kembangkan Fitur Hapus Foto Otomatis

WhatsApp Kembangkan Fitur Hapus Foto Otomatis

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 04 Mar 2021 13:12 WIB
Ilustrasi WhatsApp
WhatsApp Kembangkan Fitur Hapus Foto Otomatis Foto: dok. Rawpixel
Jakarta -

WhatsApp masih dilanda kontroversi akibat kebijakan privasi terbarunya. Tapi aplikasi messaging milik Facebook ini tetap mengembangkan fitur yang fokus pada privasi yaitu self-destructing photo atau menghapus foto secara otomatis.

Fitur ini pertama kali ditemukan oleh WABetaInfo yang membagikan informasi detailnya lewat Twitter. Fitur ini akan tersedia untuk pengguna WhatsApp di Android dan iPhone, tapi belum diketahui kapan akan digulirkan.

Dari penjelasan WABetaInfo, cara kerja fitur ini mirip seperti fitur hapus otomatis yang sudah digunakan aplikasi messaging lainnya, seperti Telegram. Fitur serupa juga sudah digunakan di Instagram Direct.

Sebelum mengirimkan foto, pengguna WhatsApp bisa mengklik tombol angka timer yang berada di samping kolom tempat mengisi caption. Jika tombol itu diklik, foto yang dikirimkan akan langsung terhapus begitu penerima keluar dari chat, seperti dikutip dari Android Authority, Kamis (4/3/2021).

Penerima foto tidak bisa memindahkan foto ini ke aplikasi lain di luar WhatsApp. Preview foto di chat juga tidak akan ditampilkan, jadi penerima foto harus mengkliknya terlebih dahulu jika ingin melihat foto.

WABetaInfo mengatakan WhatsApp belum menerapkan fitur screenshot detection untuk melihat apakah penerima foto sempat mengambil screenshot foto sebelum terhapus.

Fitur ini nantinya akan tersedia di chat pribadi maupun grup. Tapi karena belum diuji coba secara publik, belum diketahui kapan fitur hapus foto otomatis ini akan menyambangi aplikasi WhatsApp.

Jika sudah diluncurkan, fitur ini akan melengkapi fitur disappearing messages atau hapus pesan otomatis yang digulirkan WhatsApp pada November 2020.



Simak Video "WhatsApp Luncurkan Fitur Baru Lagi: Hapus Chat dalam 7 Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)