Saingi Clubhouse, Twitter Spaces Hadir Duluan di Android

Saingi Clubhouse, Twitter Spaces Hadir Duluan di Android

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 03 Mar 2021 13:12 WIB
Twitter Spaces
Saingi Clubhouse, Twitter Spaces Hadir Duluan di Android (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta -

Twitter menghadirkan fitur audio chat Spaces untuk pengguna di Android. Saat ini fitur tersebut masih dalam tahap uji coba beta.

Twitter pertama kali mengenalkan fitur pesaing Clubhouse tersebut kepada pengguna iOS di bulan Januari. Meski semua pengguna aplikasi Twitter di iOS bisa berbicara dan mendengarkan percakapan, tidak semuanya bisa membuat room baru.

Untuk uji coba di aplikasi Twitter untuk Android, pengguna juga hanya bisa mendengar dan berbicara di percakapan. Twitter akan segera menghadirkan opsi agar pengguna bisa membuat room obrolan sendiri, tapi mereka tidak memberikan jadwal spesifiknya, seperti dikutip dari TechCrunch, Rabu (3/3/2021).

Sementara itu, dalam keterangan resminya kepada The Verge, juru bicara Twitter mengatakan pengguna Android dan iOS akan bisa memulai dan mendengarkan percakapan di Spaces dalam waktu dekat, tapi mereka tidak memberikan jadwal pastinya.

Sejak diumumkan pada November 2020 silam, Twitter memang bergerak cepat untuk menghadirkan Spaces ke penggunanya. Belum lama ini, tim Twitter Spaces mengadakan diskusi untuk mendapatkan feedback dari pengguna dan mengungkap fitur-fitur apa yang akan hadir di layanan ini.

Dalam obrolan live tersebut, Twitter mengonfirmasi Spaces akan hadir di Android pada bulan Maret. Mereka juga berjanji akan memperbaiki cara menampilkan pendengar Spaces.

Fitur Spaces lainnya yang sedang dikembangkan dan akan diluncurkan antara lain judul dan deskripsi, opsi penjadwalan, dukungan untuk co-host dan moderator, daftar tamu, dan lain-lain.

Twitter juga memperbaiki preview yang muncul di timeline dan memberikan label baru untuk fitur 'captions' agar lebih akurat dari sisi aksesibilitas.

Saking cepatnya dalam mengembangkan Spaces, Twitter bahkan mengalahkan Clubhouse karena lebih dulu menghadirkan fitur audio chat ini ke Android. Saat ini Clubhouse masih eksklusif untuk iOS tapi co-founder Clubhouse Paul Davison baru-baru ini mengungkap bahwa aplikasi untuk Android menjadi prioritas teratas.

Ini bukan satu-satunya fitur berbasis audio yang dikembangkan Twitter. Selain Spaces, perusahaan berlogo burung ini juga menguji coba fitur cuitan dan pesan langsung (DM) berbasis audio untuk pengguna di beberapa negara.



Simak Video "Clubhouse Siap Meluncur untuk Pengguna Android"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)