Twitter Spaces Tak Kalah Seru dari Clubhouse

Twitter Spaces Tak Kalah Seru dari Clubhouse

Adi Fida Rahman - detikInet
Sabtu, 20 Feb 2021 17:38 WIB
Twitter Spaces
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Popularitas Clubhouse bakal terusik dengan kehadiran Spaces. Pasalnya Twitter mulai menguji fitur barunya itu ke pengguna iPhone.

detikINET sempat ikut sebuah sesi obrolan di Spaces. Jadi ketika ada orang yang kita follow tengah membuat sesi obrolan atau disebut space akan terlihat di bagian Fleets. Foto profilnya tak lagi dilingkari lis biru, melainkan ungu.

Begitu klik akan muncul pop-up yang menampilkan informasi space, mulai dari siapa yang menjadi host hingga jajaran speaker. Terdapat tombol ungu Join This Space di bagian bawah, serta informasi kalau mic akan otomatis dinonaktifkan ketika bergabung.

Setelah tombol Join This Space, kita akan masuk ke ruang obrolan. Sekilas memang mirip Clubhouse, tapi Twitter memberikan sentuhan yang sedikit berbeda.

Alih-alih membedakan area pembicara dan pendengar, Spaces menyatukan semuanya dalam satu bagian. Namun penghuninya dibuat berurutan, mulai dari host, speaker hingga listener. Berbeda dengan Clubhouse, Twitter hanya membatasi 10 orang speaker.

Twitter SpacesTwitter Spaces Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Di bagian bawah terdapat sejumlah tombol. Paling pojok kiri ada ikon mic bertuliskan request. Fungsinya mirip raise hand di Clubhouse, yakni untuk mengajukan diri untuk berbicara.

Nah yang menarik Twitter memberikan tombol reaction (ikon heart). Ketika ditekan ada enam emoji yang dapat dipilih. Saat salah satunya ditekan, emoji tersebut akan muncul di foto profil pengguna. Ini bakal membantu ketika memberikan respon tepuk tangan atau tertawa saat speaker menyampaikan sesuatu tanpa harus menyalakan mikrofon.

Twitter SpacesTwitter Spaces Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Untuk tombol ikon tiga titik, ketika ditekan akan menampilkan opsi pengaturan obrolan, seperti manage speaker dan caption. Sementara tombol paling kanan untuk membagikan link obrolan via tweet, link ataupun mengajak gabung lewat DM.

Soal kualitas suaranya pun tidak jauh berbeda dari Clubhouse. Suara pembicara yang menyampaikan opini terdengar jelas di telinga.

Lantas bagaimana jika ingin memulai obrolan di Spaces? Caranya semudah membuat Fleets. Tinggal tekan ikon foto profil di pojok kiri atas. Setelahnya Swipe ke opsi Space. Sayangnya ketika detikINET mencoba, opsi tersebut belum tersedia di Indonesia.

Setelah sempat mengikuti satu sesi space, fitur audio chat milik Twitter ini juga tak kalah seru dengan Clubhouse yang saat ini tengah digandrungi oleh warganet di Indonesia.



Simak Video "Clubhouse Siap Meluncur untuk Pengguna Android"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)