Setahun Sepak Terjang Aplikasi PeduliLindungi Lawan COVID-19 - Halaman 2

ADVERTISEMENT

Setahun Corona

Setahun Sepak Terjang Aplikasi PeduliLindungi Lawan COVID-19

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 02 Mar 2021 13:53 WIB
PeduliLindungi
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Dipakai Banyak Pengguna

Dinilai efektif, begitu juga sudah tersedia di Play Store dan App Store, aplikasi PeduliLindungi lantas disebarluaskan agar dipakai banyak orang.

Tak hanya masyarakat pada umumnya, aplikasi ini juga diseru untuk dipakai oleh para pegawai negeri sipil hingga pejabat pemerintahan. Alhasil, kurang dari satu bulan setelah melenggang, aplikasi PeduliLindungi sudah terinstal sebanyak satu juta kali.

Terbaru, menurut informasi yang disampaikan Sekretaris Jenderal Kominfo Mira Tayyiba, aplikasi PeduliLindungi sudah tembus jutaan pengguna.

"Sampai dengan 26 Februari 2021, aplikasi PeduliLindungi sudah digunakan lebih dari 5,4 juta pengguna di Indonesia. Jumlah ini selalu bertambah setiap harinya," kata Mira, Senin (1/3/2021).


Pendataan Vaksinasi

Tidak hanya bertugas melacak penyebaran COVID-19, aplikasi PeduliLindungi juga dipakai pemerintah untuk pendataan vaksinasi.

Perhatikan! Program vaksinasi COVID-19 untuk tahap awal, ditujukan khusus kepada tenaga kesehatan dan termasuk tenaga penunjang yang ada di fasilitas pelayanan kesehatan. Vaksin COVID-19 tahap awal juga akan diberikan kepada sebagian tenaga pelayanan publik yang rawan terpapar COVID-19.

Dilihat detikINET dari situs resminya, ada sejumlah panduan untuk mengecek jadwal vaksinasi. Jika Anda adalah tenaga kesehatan dan kategori yang termasuk prioritas, yuk disimak caranya:

Cara cek vaksinasi pedulilindungi.id:


1. Cek SMS Anda
Calon penerima Vaksin COVID-19 akan mendapatkan SMS dari PEDULI COVID untuk diarahkan melakukan registrasi ulang secara elektronik

2. Registrasi ulang
Proses registrasi ulang dilakukan melalui:
• Aplikasi PeduliLindungi
• Web https://pedulilindungi.id
• Melakukan panggilan ke *119#

Klik REGISTRASI ULANG dan masukan nomor ponsel. Anda akan dapat SMS untuk mengonfirmasi nomor ponsel Anda. Tahapannya adalah: Registrasi dan validasi, Konfirmasi, Lokasi dan Jadwal dan terakhir adalah Tiket Vaksin.

3. Proses pengecekan NIK di pedulilindungi.id
Di beranda pedulilindungi.id, cek NIK Anda dalam program vaksinasi COVID-19. Klik PERIKSA dan masukin nama dan nomor NIK. Jika Anda belum terdaftar, maka akan ada tulisan TIDAK TERDAFTAR. Anda pun kemudian bisa mendaftar.

4. Pro aktif mendaftar
Bagi tenaga kesehatan atau tenaga penunjang yang ada di fasilitas pelayanan kesehatan yang belum mendapat SMS atau namanya belum terdaftar saat melakukan cek NIK, silahkan kirim email ke vaksin@pedulilindungi.id

Mohon diperhatikan, judul email adalah "VAKSIN NAKES_NIK Anda" dan dilengkapi data: Nama - NIK - Alamat - No HP - tipe NAKES, dan Lampiran surat keterangan dari Kepala Fasilitas Pelayanan Kesehatan (FASYANKES) tempat Anda bekerja yang menerangkan bahwa Anda adalah NAKES di tempat tersebut.

>>>>> Halaman berikutnya isu pencurian data pengguna aplikasi PeduliLindungi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT