Xiaomi Akan Rilis Pesaing Clubhouse Buat Android dan iOS

Xiaomi Akan Rilis Pesaing Clubhouse Buat Android dan iOS

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 01 Mar 2021 09:45 WIB
Clubhouse
Xiaomi Akan Luncurkan Pesaing Clubhouse untuk Android dan iOS Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Xiaomi ikut terkena demam Clubhouse dan berencana meluncurkan pesaingnya. Menariknya, aplikasi ini akan dibuat dengan membawa nama Mi Talk, aplikasi messaging yang telah dimatikan Xiaomi.

Seperti diketahui, Mi Talk resmi dipensiunkan Xiaomi pada 19 Februari 2021 lalu. Hanya seminggu setelahnya, tim Mi Talk mengumumkan bahwa mereka akan kembali lagi tapi dengan wujud yang baru.

Ternyata Mi Talk akan reinkarnasi sebagai aplikasi pesaing Clubhouse. Dalam pengumumannya, Mi Talk akan menjadi aplikasi chatting berbasis suara untuk kaum profesional, seperti dikutip dari Gizchina, Senin (1/3/2021).

Aplikasi ini akan menjadi produk yang benar-benar baru. Jadi pengguna Mi Talk sebelumnya tidak akan bisa mentransfer akun dan data dari aplikasi messaging sebelumnya.

Saat ini Xiaomi telah meluncurkan Mi Talk untuk Android dan iOS. Tapi aplikasi ini masih dalam uji coba beta tertutup dan pengguna yang ingin mendaftar harus memiliki kode undangan.

Xiaomi meluncurkan aplikasi pesaing Clubhouse untuk Android dan iOSTampilan aplikasi Mi Talk, pesaing Clubhouse dari Xiaomi Foto: iTHome

Tapi aplikasi Mi Talk versi baru ini masih dalam tahap awal pengembangan. Pengguna yang bukan merupakan pegawai Xiaomi, meski telah memiliki undangan untuk bergabung, akan kesulitan untuk mendaftar seperti biasa.

Xiaomi sudah berencana untuk memperbarui aplikasi ini dalam beberapa hari ke depan. Raksasa teknologi China ini juga akan membuka uji coba beta publik dan mengundang lebih banyak pengguna. Tapi belum diketahui apakah aplikasi ini akan diluncurkan di luar China.

Sejak popularitas Clubhouse melonjak di China belakangan ini, beberapa perusahaan ramai-ramai mengembangkan kloningannya. Apalagi saat ini Clubhouse masih dicekal di Negeri Tirai Bambu.

Laporan Global Times menyebutkan, ada startup asal China lainnya yang meluncurkan aplikasi sosial audio berbahasa China, dan angka download mereka terus naik.

"Saat ini, sekitar 100 hingga 200 tim di China berusaha membuat keuntungan melalui aplikasi sosial audio serupa Clubhouse," kata CEO Chinese Research Institution Zhang Yi.



Simak Video "Rencana Mobil Listrik Xiaomi Terbongkar, Disebut Gandeng Perusahaan Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)