Cari dan Belajar Hadis Nabi Makin Mudah Lewat Aplikasi Ini

Cari dan Belajar Hadis Nabi Makin Mudah Lewat Aplikasi Ini

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 26 Feb 2021 14:53 WIB
aplikasi islami kesan
Aplikasi Islami Kesan Mudahkan Cari dan Belajar Hadis. Foto: Kesan
Jakarta -

Pernah kesulitan mencari hadis yang didengar saat pengajian atau salat Jumat? Nah, aplikasi Islami Kesan berusaha memudahkannya dengan fitur baru Hadispedia.

Resmi diluncurkan pekan ini, fitur Hadispedia memudahkan pengguna mencari hadis dengan kata kunci yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Arab.


Pengguna juga bisa mencari hadis berdasarkan nomor atau menyaring hanya dalam kitab tertentu seperti Sahih Bukhari atau Sahih Muslim. Selain itu, Hadispedia tidak hanya mencakup kutubut tis'ah (9 kitab hadis primer) yang biasa dijadikan rujukan, tetapi memiliki total 50 kitab hadis. Secara total, ada 350 ribu hadis di Hadispedia.

"Pengguna dapat mencari hadis dengan cepat dan akurat dengan Hadispedia. Seperti perpustakaan hadis dalam genggaman, Hadispedia memudahkan pengguna menemukan beragam hadis, baik yang umum maupun yang jarang didengar," kata CEO Kesan Hamdan Hamedan lewat keterangan tertulis yang diterima detikINET, Jumat (26/2/2021).

aplikasi islami kesanFitur baru Hadispedia di aplikasi Kesan. Foto: Kesan

Salah seorang pengguna Kesan bernama Jojo Sudarjo, mengapresiasi hadirnya Hadispedia. Menurutnya, fitur ini terbilang lengkap untuk pencarian hadis dan mudah digunakan.

"Hadispedia membantu banget untuk cari hadis. Saya cari hadis tentang puasa, zakat hingga mandi besar, langsung ketemu. Praktis untuk belajar dan juga mengajar" jelas Jojo yang juga sering memimpin pengajian di komunitasnya.

Hamdan menyebutkan, fitur ini baru fase awal pengumpulan. Ke depannya, Hadispedia akan dilengkapi dengan informasi derajat hadis.

"Selanjutnya akan ada penambahan penilaian derajat hadis seperti sahih, hasan, dhaif, dan lain-lain dari para ulama hadis agar pengguna merasa lebih nyaman mempelajari hadis tersebut," jelasnya.

Dia menambahkan, fitur Hadispedia adalah kado kecil bagi umat Islam yang sedang bersiap menyambut bulan Ramadan 2021.

"Sedikit kado kecil dari kami, tapi nanti akan ada kejutan fitur bermanfaat lainnya yang insya Allah dirilis beberapa hari menjelang hari pertama Ramadan 2021. Harapannya semakin banyak umat Islam yang terbantu dalam menambah ilmu agamanya lewat aplikasi Kesan," pungkasnya.



Simak Video "Bupati Purwakarta Wajibkan ASN Tadarus Al-Qur'an Sebelum Kerja"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)