4 Aplikasi dan Situs Pantau Banjir, Cek di Sini

4 Aplikasi dan Situs Pantau Banjir, Cek di Sini

Aisyah Kamaliah - detikInet
Sabtu, 20 Feb 2021 12:32 WIB
Wilayah Kemang, Jakarta Selatan, ikut terdampak banjir, Sabtu (20/2/2021). Puluhan mobil yang tak sempat dievakuasi pemiliknya pun ikut terendam banjir.
Aplikasi untuk pantau banjir. Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Hujan lebat menyebabkan banjir di Jakarta, Bekasi, dan daerah lainnya. Ketinggian banjir pun terbilang tinggi. Karena itu, kamu bisa memanfaatkan aplikasi untuk memantau titik genangan atau menghindari banjir.

Berikut ini aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecek apakah kawasan yang ingin kamu kunjungi terkena banjir atau tidak, sebagaimana dikutip detikINET dari CNN Indonesia.

1. Peringatan Dini Banjir Jakarta

Aplikasi ini menampilkan informasi terkini terkait tinggi muka air sungai-sungai di Jakarta selama 24 jam terakhir. Peringatan Dini Banjir Jakarta juga menampilkan tampilan CCTV pintu air dan siaga memberikan notifikasi terkait status siaga. Ada pula prakiraan cuaca Jabodetabek dari BMKG.

2. PetaBencana

Jika tadi hanya untuk Jabodetabek, situs pemantau banjir yakni PetaBencana.id memetakan titik-titik banjir sesuai lokasi warga di kota lainnya di Indonesia. Kamu hanya perlu memilih provinsi mana yang ingin dicek, situs bisa dengan sangat detail menunjukkan daerah-daerah mana saja yang terkena banjir. Bahkan untuk jalan perkampungan, aplikasi ini bisa menyajikan informasi yang baik.

3. Pantau Banjir

Aplikasi Pantau Banjir dirilis Pemprov DKI Jakarta pada 12 Februari 2017. Terdapat informasi ketinggian air di pintu air, operasional pompa air, sampai berbagai laporan dari pengguna aplikasi. Laporan ini termasuk status penanganan, lengkap dengan foto dan alamat serta ketinggian air.

4. Google Maps

Sebagian besar pasti sudah memiliki aplikasi Google Maps di HP kalian. Aplikasi ini bisa memberikan petunjuk daerah-daerah yang terendam banjir. Google Maps juga bisa memberikan rute perjalanan alternatif sehingga kamu bisa menghindari area-area yang terkena banjir.



Simak Video "Warga Ramai-ramai Mancing Ikan di Tengah Banjir"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)