Adobe Lightroom, Edit Foto Gunung Gede Jadi Semudah Geser Jari

Adobe Lightroom, Edit Foto Gunung Gede Jadi Semudah Geser Jari

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Kamis, 18 Feb 2021 18:13 WIB
Adobe Lightroom
Foto: (Adobe Lightroom)
Jakarta -

Foto viral Gunung Gede Pangrango yang tampak dari Jakarta, tidak akan seheboh itu tanpa sentuhan aplikasi digital. Adobe Lightroom memang membantu bikin foto jadi makin keren.

Netizen sempat berdebat apakah foto viral Gunung Gede Pangrango asli atau tempelan. Pertanyaan itu sudah dijawab sendiri oleh sang fotografer Adi Wibisono kepada detikcom. Fotonya asli dan dia kemudian memoles fotonya dengan aplikasi Adobe Lightroom. Namun, sebatas edit kontras dan cahaya saja.

"Intinya saya tidak ada niatan untuk meng-crop foto (tempel foto)," kata Ari Wibisono dalam wawancara terpisah dengan detikcom.

Praktisi fotografi Enche Tjin kepada detikINET juga yakin foto itu asli. Sentuhan teknologi software editing membuatnya hyper realistis. Sehingga ada yang mengira itu foto palsu.

"Jadi, menurut saya foto tersebut bukan tempelan (gabungan dua foto), tapi telah mengalami olah digital untuk memperjelas detail gunung, sehingga terlihat hyper realistic," ujar Enche kepada detiKINET, Kamis (18/2/2021).

Bicara soal softwarenya, aplikasi Adobe Lightroom memang andalan banyak orang. Jika Anda belum mencobanya, mungkin sekarang saatnya mencoba, setelah melihat hasilnya pada foto Gunung Gede Pangrango yang viral itu.

Dilihat dari situs resminya Adobe Lightroom Photo Editor adalah aplikasi buatan Adobe Inc. Adobe merilisnya sejak 2007 dan sudah ada banyak versi pembaruan.

Adobe Lightroom for AndroidAdobe Lightroom for Android Foto: Adobe

Aplikasi ini bisa di-download gratis untuk iOS dan Android. Nantinya ada pilihan berbayar untuk upgrade ke versi premium.

Lightroom menawarkan kemudahan mengedit foto semudah menggeser jari saja. Pengaturan cahaya dari contrast sampai bayangan, pengaturan warna dari white balance sampai saturasi, semua diatur dengan model slider dan kita bisa rasakan sendiri mana yang cocok.

Kemudian juga tersedia sejumlah setelan preset dari warna, creative, B&W, curve dll yang tinggal dipilih saja sesuai selera. Ada juga fitur lain seperti optics, color noise dll yang tinggal dinyala-matikan.

Mau memperjelas gambar gunung di kejauhan, gampang... Tinggal pilih dehaze dan gunung yang samar-samar menjadi jelas.

Versi premiumnya lebih sedap lagi. Ada selective editing, untuk mengedit bagian tertentu saja. Ada healing, untuk menghilangkan objek yang tidak diinginkan. Ada juga geometri untuk mengubah perspektif foto.

Lengkap rasanya semua menu itu untuk berkreasi membuat foto semakin menawan. Tidak heran jika aplikasi Adobe Lightroom sudah dipergunakan jutaan orang.



Simak Video "Inilah Hamparan Kesejukan yang Tak Jauh dari Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)