Foto Viral Gunung Gede Memang Asli, Cuma Dipoles Olah Digital

Foto Viral Gunung Gede Memang Asli, Cuma Dipoles Olah Digital

Josina - detikInet
Kamis, 18 Feb 2021 14:47 WIB
Screenshot Twitter Dinas LH DKI yang menampilkan foto karya Ari Wibisono
Foto: Screenshot Twitter Dinas LH DKI yang menampilkan foto karya Ari Wibisono
Jakarta -

Sebuah foto dengan menampilkan pemandangan Gunung Gede Pangrango yang dapat terlihat jelas dari Kemayoran, Jakarta Pusat menjadi viral saat ini. Foto jepretan Ari Wibisono yang diposting di akun Instagramnya kemarin (17/2) tak hanya banjir pujian tapi juga tapi banyak juga netizen yang mencurigai bahkan berdebat apakah foto tersebut asli atau hanya tempelan.

Foto itu diunggah ulang (repost) oleh akun resmi Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, lalu membagikan unggahan Dinas LH DKI itu di Instagram Story miliknya.

Menurut praktisi fotografi Enche Tjin, ia menilai jika foto yang menunjukkan Gunung Gede dari Jakarta dari Ari Wibisono dan fotografer lainnya mungkin saja bisa terjadi di saat cuaca cerah dengan menggunakan lensa dengan jarak fokal telefoto.

Enche mengatakan dari data EXIF foto sesuai dengan apa yang ditampilkan Ari di postingan Instagramnya. Foto Gunung Gede tersebut ternyata dibuat dengan menggunakan kamera bersensor APS-C dengan jarak fokal 260mm, berarti ekuivalen dengan 390mm, sehingga posisi gunung terlihat sangat besar dan dekat dengan jalan dan mobil.

Ditambah dengan teknologi software editing yang saat ini sudah canggih, dimungkinkan untuk membuat detail gunung lebih jelas dan tajam.

"Jadi, menurut saya foto tersebut bukan tempelan (gabungan dua foto), tapi telah mengalami olah digital untuk memperjelas detail gunung, sehingga terlihat hyper realistic" ujar Enche kepada detiKINET, Kamis (18/2/2021)

Sebagai perbandingan, berikut contoh foto yang Enche buat di dataran tinggi yang berkabut. Setelah di olah digital bukit yang berkabut menjadi jauh lebih jelas.

foto gunungFoto perbukitan asli. Foto: Dok. Enche Tjin
foto gunungFoto perbukitan asli dengan dibantu olah digital Foto: Dok. Enche Tjin

Sebelumnya Ari Wibisono juga menegaskan fotonya asli. Dia kemudian memoles fotonya dengan aplikasi Adobe Lightroom. Namun, sebatas edit kontras dan cahaya saja.

"Intinya saya tidak ada niatan untuk meng-crop foto (tempel foto)," kata Ari Wibisono dalam wawancara terpisah dengan detikcom.



Simak Video "Konon Cerita, Situ Gunung Sukabumi Dibuat Oleh Bangsawan Mataram Hanya Dengan 7 Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)