Aplikasi Clubhouse Punya Beberapa Masalah - Halaman 2

Round Up

Aplikasi Clubhouse Punya Beberapa Masalah

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Kamis, 18 Feb 2021 08:33 WIB

3. Blokir Clubhouse di China

Clubhouse tiba-tiba diblokir di China pada Senin (8/2) malam. Sebelum diblokir, aplikasi ini digunakan netizen China untuk mendiskusikan topik politik yang sensitif.

Ribuan pengguna Clubhouse di China mengeluh mereka tidak bisa terhubung dengan server Clubhouse seperti biasa. Mereka hanya bisa mengakses layanan tersebut lewat VPN, seperti dikutip dari South China Morning Post.

Halaman utama aplikasi Clubhouse sekarang menampilkan banner berwarna merah dengan tulisan: "Error SSL terjadi dan koneksi keamanan ke server tidak dapat dilakukan." Pengguna juga mengatakan mereka tidak bisa menerima kode verifikasi menggunakan nomor telepon dari China daratan.

Clubhouse digunakan netizen China untuk membicarakan topik sensitif seperti protes di Hong Kong, unifikasi China dan Taiwan, serta perlakuan pemerintah China ke warga Uighur. Itu sebabnya pemerintah China bertindak.

4. Terancam diblokir di Indonesia

Satu lagi potensi masalah datang dari Tanah Air. Clubhouse yang menjadi buah bibir lantaran dipakai banyak tokoh dan influencer, ternyata masih belum terdaftar di pemerintah. Bila tak kunjung mendaftarkan diri, sesuai peraturan berlaku, Clubhouse bisa diblokir di Indonesia.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengatakan Clubhouse adalah bagian dari Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE). Maka dari itu, Clubhouse harus terdaftar di Kominfo apabila masih menggelar layanannya ke pengguna internet Indonesia.

Merujuk pada Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkung Privat, Clubhouse telah diberi waktu enam bulan untuk Clubhouse, terhitung sejak 24 November 2020.

Artinya, Clubhouse tinggal punya waktu sekitar tiga bulan lagi, sebelum media sosial (medsos) berbasis audio tersebut diputus akses ke layanannya alias diblokir Kominfo.

"Sesuai PM nomor 5 Tahun 2020, bagi yang tidak mendaftar sesuai kebijakan yang berlaku akan mendapat sanksi administrasi berupa pemutusan akses," ujar Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi, Selasa (16/2).

Wah, semoga Clubhouse bisa membereskan urusan pendaftaran ini tepat pada waktunya ya.

(fay/fyk)