Bluestacks Rilis Emulator Baru, Apa Saja Peningkatannya?

Bluestacks Rilis Emulator Baru, Apa Saja Peningkatannya?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 17 Feb 2021 22:11 WIB
Bluestacks 5
Foto: Dok. Bluestacks
Jakarta -

Pembuat emulator Android Bluestacks merilis pembaruan baru, yaitu versi 5 beta, dan pembaruan ini dijanjikan punya peningkatan yang signifikan dibanding versi 4.

Menurut Bluestacks, penggunaan RAM di versi baru ini menurun 40%, dan dilengkapi sejumlah fitur canggih seperti FPS lock, Long-flight, dan Eco mode. Lalu versi ini pun mendukung perangkat berbasis ARM, seperti Windows 10 on ARM yang dipakai di Surface Pro X.

Sekadar informasi, Bluestacks adalah program emulator yang membuat pengguna bisa menjalankan aplikasi Android di perangkat lain, misalnya Windows dan macOS.

"Teknologi App Container kami memungkinkan game dioptimalkan untuk berjalan di PC, Mac, dan perangkat lain tanpa pekerjaan tambahan yang diperlukan dari developers. Ini adalah komponen kunci yang hilang di Android di Chromebook dan app iOS di Mac," ujar Sharad Agarwal, Chief Architect Bluestacks 5 dalam keterangan yang diterima detikINET, Rabu (17/2/2021).

"Kami melihat pasar untuk BlueStacks App Player berkembang pesat dengan dukungan Apple untuk menjalankan aplikasi iOS pada faktor bentuk Mac, dan App Containers adalah teknologi kunci untuk ini," tambahnya.

Fitur seperti FPS Lock dan Long-flight membuat Bluestacks 5 kini cocok dimainkan selama berjam-jam. Fitur ini juga menjanjikan gameplay yang mulus selama jangka waktu yang lama, booting yang lebih cepat, dan instalasi dan waktu pembukaan aplikasi yang lebih cepat.

Lalu dalam eco mode, pengguna bisa membuka beberapa aplikasi dengan lebih efisien, tanpa penurunan performa.

"Produk kami telah diunduh lebih dari 1 Miliar kali sejak peluncuran pertama. Kami mendengarkan lebih dari 500 juta pengguna kami di seluruh dunia dan memberi mereka apa yang mereka inginkan," ujar CEO Bluestacks Rosen Sharma.

"Mereka meminta pengalaman gameplay yang benar-benar mendalam pada platform yang mudah digunakan dan berkinerja cepat yang tidak menuntut spesifikasi hardware yang tinggi. Dan BlueStacks 5 memberikannya kepada jutaan gamer," tutupnya.



Simak Video "Sejumlah Ponsel Terancam Tidak Dapat Gunakan WhatsApp "
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)