Facebook Mau Bikin Aplikasi Pesaing Clubhouse?

Facebook Mau Bikin Aplikasi Pesaing Clubhouse?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 11 Feb 2021 18:11 WIB
Fasilitasi Diskusi Kritis, Cina Blokir Clubhouse Bagi Pengguna Mandarin
Facebook Mau Bikin Aplikasi Pesaing Clubhouse? Foto: DW (News)
Jakarta -

Beberapa hari yang lalu CEO Facebook Mark Zuckerberg tiba-tiba muncul di aplikasi audio-chat Clubhouse. Kini Facebook dikabarkan sedang mengembangkan aplikasi pesaingnya.

Berdasarkan laporan dari The New York Times, pegawai Facebook diperintahkan untuk mengembangkan aplikasi mirip Clubhouse. Aplikasi tersebut secara internal dikenal dengan nama Fireside, seperti dikutip dari Mashable, Kamis (11/2/2021).

Dua sumber NYT yang familiar dengan hal tersebut mengatakan raksasa media sosial ini sedang mencari cara untuk memperluas layanannya ke bentuk komunikasi baru.

Tapi saat ini aplikasi tersebut masih dalam tahap awal pengembangan, jadi kemungkinan tidak akan dirilis dalam waktu dekat. Laporan NYT juga tidak memberikan detail lebih lanjut tentang aplikasi pesaing Clubhouse ini.

Untuk yang belum familiar, Clubhouse adalah aplikasi audio-chat di mana pengguna bisa memasuki ruang obrolan untuk mendengarkan percakapan. Untuk bergabung dengan Clubhouse, pengguna harus mendapatkan undangan atau invite terlebih dahulu.

Dalam beberapa bulan terakhir aplikasi ini semakin populer karena sudah digunakan oleh selebriti dan tokoh papan atas, seperti Oprah, Drake hingga Elon Musk. Jadi cukup wajar jika Facebook ingin menciptakan Clubhouse versinya sendiri.

Selain itu, Facebook juga memiliki sejarah sering meniru aplikasi baru yang sedang populer. Seperti saat Instagram meluncurkan fitur Stories yang dicomot dari Snapchat, yang kemudian turut dikenalkan di WhatsApp.

Tahun lalu Instagram juga meluncurkan Reels, fitur yang memungkinkan pengguna membuat dan mengedit video pendek ala Reels.

Facebook juga bukan satu-satunya media sosial yang mengembangkan aplikasi pesaing Clubhouse. Twitter belum lama ini menguji coba aplikasi Spaces yang fitur utamanya juga chatting berbasis suara.



Simak Video "Apple Jadi Pesaing Terbesar Facebook, Kenapa?"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)