Fitur Pesaing TikTok Milik Snap Capai 100 Juta Pengguna

Fitur Pesaing TikTok Milik Snap Capai 100 Juta Pengguna

Josina - detikInet
Jumat, 05 Feb 2021 21:45 WIB
LONDON, ENGLAND - AUGUST 03:  The Snapchat app logo is displayed on an iPad on August 3, 2016 in London, England.  (Photo by Carl Court/Getty Images)
Foto: GettyImages/Carl Court
Jakarta -

Snap induk perusahaan dari Snapchat mengatakan fitur berbagi video pendek yang dinamai Spotlight ini yang disebut sebagai pesaing TikTok telah memiliki 100 juta pengguna pada Januari 2021 hanya dua bulan setelah diluncurkan.

"Kami sangat terkejut dengan momentumnya," kata CEO Snap Evan Spiegel dalam panggilan telepon dengan investor untuk membahas pendapatan perusahaan pada kuartal keempat tahun 2020 seperti dilansir detikiNET dari The Verge, Jumat (5/2/2021).

Aplikasi TikTok sendiri saat ini dikatakan telah memiliki 100 juta pengguna bulanan di Amerika Serikat saja pada bulan Juni 2020 dan aplikasi ini terus berkembang.

Di sisi lain media sosial lainnya yang juga memiliki fitur video pendek seperti Instagram dengan Reels-nya belum mendapatkan pertumbuhan.

Snap telah menghabiskan banyak uang untuk Spotlight agar lebih banyak menarik perhatian. Perusahaan bahkan berjanji untuk memberikan USD 1 juta per hari kepada pembuat konten selama lebih dari sebulan untuk mengajak orang memposting video atau mengisi konten dengan hal-hal menyenangkan untuk ditonton.

Dan upaya tersebut berhasil, di mana beberapa pembuat konten melihat layanan ini sebagai cara tepat untuk menghasilkan banyak uang.

"Pembuat konten sekarang mengupload rata-rata 175.000 video per hari" kata Spiegel.

"Meskipun masih sangat awal dalam pengembangan platform konten baru ini, kami sangat terdorong oleh hasil awal dan bersemangat tentang potensi Spotlight untuk lebih memperluas peluang monetisasi kami di masa depan," kata Snap CFO Derek Andersen dalam sambutannya. .

Sekarang layanan tersebut telah diunggulkan dengan video, Spiegel mengatakan bahwa Snap dapat mulai melakukan lebih banyak pekerjaan untuk mengoptimalkan sistem rekomendasinya. Iklan akan dihentikan, tetapi untuk saat ini perusahaan memiliki "fokus pada peningkatan keterlibatan".

Spotlight sendiri masih jauh lebih terbatas dari TikTok dari segi fitur. Seperti Opsi penjelajahan masih terbatas, dan pengguna tidak dapat me-remix suara atau mencoba video dance untuk lagu populer. Di mana kedua fitur tersebut telah membantu TikTok terus berkembang dan semakin populer.

Perlu juga dicatat bahwa Snap memberikan angka dalam hal pengguna bulanan ketika perusahaan telah lama berfokus pada pengguna harian secara keseluruhan. Itu menunjukkan penggunaan harian fitur ini lebih rendah, mengingat seseorang hanya perlu membuka tab sekali di bulan Januari untuk dianggap sebagai pengguna bulanan.

Snap sekarang menawarkan 265 juta pengguna harian secara keseluruhan, naik dari 249 juta pada kuartal sebelumnya.



Simak Video "Sanksi Kericuhan Capitol, Snapchat Blokir Permanen Akun Donald Trump"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)