4 Fitur Signal Buat Jaga Privasi Pengguna

4 Fitur Signal Buat Jaga Privasi Pengguna

Yudistira Perdana Imandiar - detikInet
Rabu, 13 Jan 2021 18:24 WIB
Aplikasi Signal
Aplikasi Signal. Foto: (Android Authority)
Jakarta -

Aplikasi chat Signal menjadi salah satu alternatif pilihan pengguna WhatsApp yang tak terima dengan kebijakan privasi baru. Signal menawarkan layanan chatting yang disebut-sebut lebih melindungi data pengguna.

Signal memiliki kebijakan privasi tidak mengumpulkan beragam jenis data pengguna. Salah satu alasan mereka tidak mengumpulkan data, yaitu karena aplikasi ini dikelola oleh organisasi nirlaba sehingga tidak ada tuntutan mendapatkan iklan.

Aplikasi ini menawarkan enkripsi end-to-end secara default untuk semua percakapan. Dengan pengamanan tersebut hanya sesama anggota chat baik chat pribadi maupun chat grup yang memiliki kunci enkripsi dan dekripsi untuk melihat isi chat yang mereka lakukan dan tidak ada pihak lain yang memiliki kunci dekripsi ini, termasuk pengelola server. Bahkan stiker yang bisa dikirim lewat Signal pun dilindungi oleh enkripsi khusus.

Signal menggunakan enkripsi berdasarkan Signal Protocol yang mereka kembangkan sendiri. Protokol ini juga digunakan oleh perusahaan lain termasuk WhatsApp dan Skype.

Meskipun tak punya fitur selengkap WhatsApp atau Telegram, Signal memberikan fitur yang dapat memperkuat perlindungan privasi bagi penggunanya. detikINET telah merangkum sejumlah fitur unggulan di aplikasi Signal, beberapa di antaranya berkaitan dengan kebutuhan privasi:

1. Disappearing Message

Dilansir dari Wall Street Journal, fitur ini memungkinkan pengirim mengatur seberapa lama pesan ditampilkan kepada penerima. Pengirim pesan bisa memilih durasi waktu 5 detik sampai dengan 7 hari. Setelah mencapai waktu yang dipilih, pesan akan secara otomatis terhapus. Cara mengaktifkan fitur ini dengan membuka percakapan, lalu klik profil kamu, setelah itu akan ada opsi 'Disappearing Message' dan tinggal aktifkan.

2. View-once Media

Pengirim pesan mungkin hanya ingin menunjukkan sebuah foto atau video dan tak ingin penerima pesan menyimpan file tersebut. Dengan fitur View-once Media, foto atau video yang dikirim akan terhapus secara otomatis begitu penerima membuka file. Cara menggunakan fitur ini, dengan menekan ikon 'infinity' sebelum mengirim file gambar atau video.

3. Signal Pin

Signal Pin merupakan gerbang pengaman agar orang lain tidak dapat meregistrasi nomor seluler yang sama pada aplikasi Signal di perangkat lain. Jika pengguna sudah mengaktifkan pin, maka pin tersebut harus dimasukkan ketika registrasi lewat perangkat lain dengan nomor seluler yang sama.

4. Konfirmasi Video Call

Saat menjawab video call di aplikasi Signal, video di perangkat penerima panggilan tidak secara otomatis aktif. Video baru akan aktif ketika pengguna mengaktifkan kameranya. Fitur ini memberikan pilihan kepada pengguna apakah bersedia menampilkan video kepada orang yang menelpon.



Simak Video "Mengenal Pendiri Telegram dan Signal yang Kerap Menyerang WhatsApp"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)