WhatsApp Layani 1,4 Miliar Panggilan di Malam Tahun Baru

WhatsApp Layani 1,4 Miliar Panggilan di Malam Tahun Baru

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 02 Jan 2021 10:10 WIB
Ilustrasi WhatsApp
WhatsApp Layani 1,4 Miliar Panggilan di Malam Tahun Baru Foto: dok. Rawpixel
Jakarta -

Malam Tahun Baru selalu menjadi malam yang sibuk untuk WhatsApp dan layanan Facebook lainnya. Apalagi perayaan malam Tahun Baru kali ini harus dilakukan di tengah pandemi dan banyak orang harus merayakannya secara berjauhan.

Karena semakin banyak orang yang bergantung dengan teknologi untuk saling terhubung, WhatsApp, Messenger dan Instagram pun mencetak banyak rekor baru saat malam Tahun Baru.

Saat malam Tahun Baru, WhatsApp melayani lebih dari 1,4 miliar panggilan suara dan video secara global. Ini merupakan jumlah panggilan terbanyak dalam sehari yang pernah dilayani layanan messaging ini.

Jumlah panggilan di WhatsApp pada malam Tahun Baru kali ini meningkat 50% dari hari yang sama di tahun sebelumnya, seperti dikutip detikINET dari blog Facebook, Sabtu (2/1/2021).

Tapi tidak seperti tahun sebelumnya, Facebook tidak mengungkap berapa jumlah pesan yang dikirim lewat WhatsApp pada malam Tahun Baru 2020. Seperti diketahui, pada malam Tahun Baru 2019, WhatsApp mengirimkan 100 miliar pesan dalam sehari.

Technical Program Manager at Facebook Caitlin Banford mengatakan lonjakan trafic di awal pandemi membantu tim Facebook untuk bersiap menangani kenaikan saat malam Tahun Baru.

"Di balik layar, Facebook Engineering bekerja sama untuk mendorong peningkatan efisiensi dan membuat infrastruktur kami lebih tangguh. Pekerjaan ini mencakup uji beban, uji pemulihan bencana dan mengacak kapasitas," kata Banford dalam blog tersebut.

"Tahun ini, malam Tahun Baru terlihat sangat berbeda, dan kami memiliki tim teknisi di seluruh aplikasi Facebook, siap untuk mendukung masalah apa pun, agar dunia bisa menyambut 2021," sambungnya.

Sementara itu, pengguna Facebook dan Instagram juga memanfaatkan fitur Live saat merayakan malam Tahun Baru. Pada perayaan kali ini, lebih dari 55 juta siaran Live berlangsung di Facebook dan Instagram secara global.

Facebook juga mengungkap malam Tahun Baru 2020 merupakan hari terbesar bagi panggilan video grup di Messenger dengan lebih dari tiga orang di Amerika Serikat. Jumlah panggilan video grup di periode ini hampir dua kali lipat dibandingkan hari biasa.



Simak Video "Reaksi Facebook Diminta Lepas Instagram-WhatsApp"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)