Instagram Lite Kembali Dirilis

Instagram Lite Kembali Dirilis

Josina - detikInet
Selasa, 22 Des 2020 22:35 WIB
instagram
Foto: unsplash
Jakarta -

Pada bulan Mei lalu Facebook menghapus Instagram Lite di Google Play Store. Instagram Lite sendiri adalah aplikasi mini dengan ukuran lebih kecil dibandingkan dengan aplikasi reguler.

Tujuannya untuk dihadirkan di pasar negara berkembang yang kerap memiliki akses internet kurang cepat dan tidak stabil.

Lalu juga penggunaan perangkat yang sudah lawas dengan kapasitas penyimpanan kecil hingga tidak mampu untuk membeli paket internet yang besar.

Dilansir detiKINET dari Ubergizmo, Selasa (22/12/2020) kini versi Insagram Lite dihadirkan kembali secara resmi dengan pembaruan versi yang lebih baru dan ukuran yang baru juga.

Sebelumnya aplikasi versi lite ini berukuran 573 kilobytes, atau sekitar 1/55 dari ukuran Instagram reguler. Kini ukurannya lebih besar 2MB.

Saat itu Facebook mengatakan alasan Instagram dihapus karena sedang kembali dilakukan ujicoba dan melakukan pembaruan pada Instagram Lite.

"Kami sedang menguji kembali aplikasi Instagram Lite. Anda dapat mulai menggunakan versi terbaru Instagram sebagai gantinya untuk terhubung dengan orang-orang dan hal-hal yang Anda sukai,"

Sebelumnya Instagram Lite tersedia di beberapa negara seperti Kenya, Meksiko, Peru dan Filipina. Namun sayangnya saat ini versi Instagram Lite terbaru hanya tersedia di India.

Versi Instgaram Lite pun berfungsi sama seperti Instagram reguler, di mana penggunanya dapat memiliki akses fitur inti seperti feed dan stories. Namun di versi lite ini pengguna tidak dapat mendapatkan fitur Reels dan IGTV serta tak dapat juga menambahkan stiker berbasis AR yang kerap digunakan untuk memposting di Stores.



Simak Video "Penjelasan Instagram di Balik Seringnya Gangguan Server"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)