Aplikasi Ini Bantu Pengguna Deteksi Makanan yang Ingin Dihindari

Aplikasi Ini Bantu Pengguna Deteksi Makanan yang Ingin Dihindari

Josina - detikInet
Kamis, 17 Des 2020 17:07 WIB
Various nutrition labels for a variety of packaged food products. Labels show calories, fat content, cholesterol, carbohydrates, protein, sodium, sugars, daily recommended litmits, vitamins and specfic ingredients in the foods. Prominent top label shows a whopping 680 mg soldium in the food product.
Foto: iStock
Jakarta -

Hampir di seluruh dunia, para pembuat makanan diwajibkan mencantumkan label pada kemasan makanannya untuk memberikan info terkait bahan-bahan apa saja yang digunakan pada makanan tersebut sebelum dijual pasaran.

Hal tersebut tentu untuk memudahkan konsumen dalam membuat keputusan sebelum membeli makanan tersebut. Karena bisa jadi, konsumen ini ingin menghindari kandungan gula yang tinggi, atau ingin makanan rendah kalori serta juga dapat membantu konsumen mengidentifikasi hal-hal yang memicu alergi pada tubuh.

Namun biasanya, label ini tertera di bagian belakang kemasan dan memiliki tulisan yang kecil sehingga sulit terbaca. Nah, untuk membantu konsumen mengatasi masalah tersebut, terciptalah aplikasi yang dinamai Soosee

Dilansir detiKINET dari Ubergizmo, dengan aplikasi tersebut pengguna hanya perlu menginstal aplikasi, kemudian mengarahkan kamera ponsel ke label makanan. Seoanjutnya, aplikasi akan memindainya dan memberi tahu bahan-bahan yang mana harus dihindari.

"Soosee membantu Anda dengan cepat memindai daftar bahan untuk bahan makanan yang ingin Anda hindari. Ini mencakup lebih dari 30 kategori untuk alergi umum, gaya hidup vegan, wanita hamil, dampak lingkungan yang tinggi, adiktif, kesehatan, dan banyak lagi, " demikian deskripsi dari aplikasi Soosee.

Aplikasi ini diharapkan dapat berguna dan lebih efisien dibandingkan harus membaca daftar label berisikan bahan-bahan makanan dengan tulisan yang kecil.

(jsn/rns)