Harmony OS Beta Sudah Rilis, Huawei Persiapan Tinggalkan Android

Harmony OS Beta Sudah Rilis, Huawei Persiapan Tinggalkan Android

Rachmatunnisa - detikInet
Rabu, 16 Des 2020 15:29 WIB
OS Harmony
Harmony OS Beta Sudah Rilis, Huawei Persiapan Tinggalkan Android. Foto: Huawei
Jakarta -

Harmony OS versi beta baru saja dirilis untuk para developer. Dengan ini, Huawei semakin mantap dalam persiapannya meninggalkan Android.

Huawei memang mengalami masa cukup berat akibat berbagai sanksi yang dijatuhkan oleh pemerintah Amerika Serikat (AS), salah satunya tidak bisa mendapatkan akses ke Android dan Google Mobile Services (GMS). Karenanya, perusahaan asal China ini berupaya keras membangun ekosistem alternatifnya yakni Huawei Mobile Services (HMS) yang setahap-demi setahap diperkenalkan.

Harmony OS secara resmi diluncurkan satu setengah tahun lalu, berbarengan dengan ketika Huawei menampilkan TV pintar Honor Vision sebagai perangkat pertama dengan sistem operasi buatan sendiri.

Sepanjang 2019, Huawei menegaskan kembali komitmennya terhadap Android, namun sambil terus memperluas Harmony OS ke perangkat selain smartphone dan tablet. Rencana baru pun diumumkan di perhelatan Huawei Developer Conference 2020 awal tahun ini. Namun kini, Huawei mulai merekrut developer untuk Harmony OS 2.0 beta pertamanya untuk perangkat seluler.

Disebutkan Huawei seperti dikutip dari XDA Developer, Harmony OS 2.0 hadir dengan lebih dari 15.000 API untuk mendukung pengembangan di seluruh smartphone, wearable gadget, mobil, perangkat layar besar, dan berbagai perangkat pintar lainnya.

Untuk mencicipi OS baru ini, developer bisa mencoba emulator di Huawei DevEco Studio IDE (versi 2.0 Beta 3) dari website resmi Harmony OS, atau dapat mendaftar untuk menerima OTA pada perangkat Huawei yang didukung untuk bermigrasi ke Harmony OS 2.0 beta.

Setelah pendaftaran disetujui, developer akan menerima undangan dari Huawei dengan instruksi tentang cara menginstal software tersebut di perangkat mereka. Berikut ini daftar perangkat yang bisa menjajal Harmony OS 2.0 beta:

  • Huawei P40 (ANA-AN00)
  • Huawei P40 Pro (ELS-AN00)
  • Huawei Mate 30 (TAS-AL00)
  • Huawei Mate 30 5G (TAS-AN00)
  • Huawei Mate 30 Pro (LIO-AL00)
  • Huawei Mate 30 Pro 5G (LIO-AN00)
  • Huawei MatePad Pro (MRX-AL19)
  • Huawei MatePad Pro 5G (MRX-W09)
  • Huawei MatePad Pro Wi-Fi (MRX-AN19).

Beberapa developer yang sudah menjajalnya lewat akses ke emulator telah memposting sejumlah screenshot dari aplikasi yang berjalan di Harmony OS 2.0 di halaman Huawei Developer Community.

Sekilas, seperti dilihat dari contoh screenshot yang diposting, Harmony OS tampak sangat mirip dengan EMUI 11 berbasis Android di Huawei P40. Berdasarkan dokumen developer, aplikasi ini diberi kode di Java dan tata letaknya ditentukan dalam file XML, mirip dengan Android.

harmony osScreenshot tampilan Harmony OS. Foto: XDA Developer

Para developer berharap ke depannya Huawei akan membuat Harmony OS menjadi lebih familier bagi developer aplikasi Android untuk meminimalkan hambatan dalam bermigrasi ke OS baru dan ekosistem yang menyertainya.



Simak Video "Usung Kamera Andal, Huawei Mate 40 Pro Jawab Kebutuhan Vlogger!"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)