Spotify Patenkan Fitur Bantu Musisi Cegah Plagiat

Spotify Patenkan Fitur Bantu Musisi Cegah Plagiat

Josina - detikInet
Kamis, 03 Des 2020 14:41 WIB
spotify
Spotify Patenkan Fitur Bantu Musisi Cegah Plagiat (Foto: Unsplash/Sara Kurfess)
Jakarta -

Mengingat jumlah not musik tidak begitu banyak, jadi ada kemungkinan besar ada beberapa lagu yang terdengar mirip dengan satu sama lainnya.

Dalam beberapa kasus, hal tersebut tentunya menyebabkan tuduhan plagiarisme bagi sang musisi dan bisa menghabiskan banyak uang untuk bayar tuntutan.

Untuk itu dalam membantu musisi menghindari masalah tersebut, Spotify dilaporkan telah menciptakan alat yang dapat mengatasinya.

Dilansir detiKINET dari Ubergizmo, Kamis (3/12/2020) menurut laporan dari MBW merinci alat antri-plagiarisme Spotify yang dapat digunakan musisi untuk memeriksa ulang apakah karya mereka mirip dengan yang lain yang sudah pernah dibuat sebelumnya.

Dengan fitur tersebut musisi dapat mengirimkan lembar musik utama mereka ke dalam sistem yang kemudian akan diperiksa silang dengan lembar musik utama lain di luar sana untuk memeriksa adakah kesamaan atau tidak.

Di satu sisi, fitur ini mirip dengan alat lain yang digunakan sebuah perguruan tinggi dan universitas untuk memeriksa apakah karya yang dikirim siswa dijiplak atau tidak.

Ini akan sangat membantu bagi musisi yang mungkin tidak memiliki dana untuk menghadapi hukum perkara tuduhan plagiat, terutama jika mereka berhadapan dengan penerbit atau label rekaman besar.

Tidak diketahui kapan Spotify akan berencana meluncurkan alat tersebut. Namun, jika fitur ini resmi dirilis dapat mendorong lebih banyak musisi untuk menggunakan Spotify untuk meluncurkan musik mereka.



Simak Video "Setelah Twitter, Kini Giliran Spotify Bikin Format Stories"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)