YouTube Uji Coba AI Untuk Otomatis Bagi Video

YouTube Uji Coba AI Untuk Otomatis Bagi Video

Josina - detikInet
Rabu, 25 Nov 2020 16:49 WIB
Ilustrasi Google, ilustrasi YouTube, dan ilustrasi Facebook
YouTube Uji Coba AI Untuk Otomatis Bagi Video (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Pada awal tahun ini YouTube memperkenalkan fitur baru yang dinamai 'Video Chapters' yang memungkinkan pembuat konten dapat menambahkan bab-bab dalam video mereka.

Fitur tersebut akan membantu mereka yang memiliki video dengan durasi panjang dapat dibagi videonya menjadi beberapa bab sehingga memudahkan penonton untuk melompat ke bagian yang mereka ingin tonton.

Seperti diketahui sebelum YouTube meluncurkan fitur tersebut kadang sang kreator memberikan tautan link berupa waktu di bagian deskripsi tujuannya agar penonton bisa langsung menonton bagian yang mereka ingin lihat.

Namun dengan fitur Video Chapters ini sepenuhnya adalah opsional dan pembuat video harus memasukkannya secara manual sehingga tidak semua video dapat memanfaatkan fitur tersebut.

Dan kabar baiknya bagi pembuat dan juga penonton YouTube, menurut laporan dari 9to5Google mereka telah menemukan bahwa YouTube tengah menguji agar bab-bab tersebut dapat dibuat dengan AI atau kecerdasan buatan.

Artinya pembuat konten tidak perlu menambahkan timestamps secara manual karena dengan AI ini dapat membantu mereka menentukan kapan dan di mana bagian-bagian tersebut harus ditempatkan.

"Kami ingin memudahkan orang untuk menavigasi video dengan bab video, jadi kami bereksperimen dengan menambahkan bagian video secara otomatis sehingga pembuat tidak perlu menambahkan timestamps secara manual," kata YouTube seperti dilansir detiKINET dari Ubergizmo, Rabu (25/11/2020).

"Kami akan menggunakan pembelajaran mesin untuk mengenali teks untuk membuat bagian video secara otomatis. Kami sedang mengujinya dengan sekelompok kecil video." lanjutnya.

Mengingat ini adalah sebuah video jadi akan menarik apakah teknologi AI dari YouTube cukup pintar untuk mendeteksi perubahan topik dan apakah dapat menerapkan bab-bab ini dengan benar. Jika ya, maka itu akan membantu menghemat banyak waktu bagi pembuat konten sekaligus menambahkan nilai pada video mereka.



Simak Video "Sempat Down, YouTube Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)