YouTube Permak Tampilan Pemutar Video dan Hadirkan Fitur Baru

YouTube Permak Tampilan Pemutar Video dan Hadirkan Fitur Baru

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 28 Okt 2020 17:55 WIB
fitur baru YouTube
YouTube Permak Tampilan Pemutar Video dan Hadirkan Fitur Baru Foto: YouTube
Jakarta -

YouTube baru saja memperbarui aplikasi untuk Android dan iOS dengan menghadirkan sederet fitur baru yang akan mempermudah pengguna untuk menonton dan mengontrol video.

Update terbesar adalah gestur baru untuk menampilkan video dalam layar penuh dan sebaliknya. Jika sebelumnya pengguna YouTube harus menekan tombol atau mengubah posisi ponsel menjadi landscape, kini cukup dengan swipe ke atas untuk mengubah video ke mode full-screen, dan swipe ke bawah untuk kembali ke tampilan standar.

Selain itu, YouTube juga mengenalkan sejumlah 'suggested actions' yang akan memberikan pengguna rekomendasi untuk merotasi posisi ponsel mereka untuk beralih ke mode full-screen, atau menggunakan headset VR untuk pengalaman menonton video yang lebih baik.

YouTube juga menghadirkan halaman pemutar video yang lebih sederhana dan memindahkan beberapa tombol menu ke posisi yang lebih mudah dijangkau. Misalnya tombol captions tidak lagi tersembunyi dan kini bisa diakses di bagian kanan atas layar, seperti dikutip detikINET dari 9to5Google, Rabu (28/10/2020).

fitur baru YouTubePosisi baru toggle autoplay Foto: YouTube

Toggle untuk mengaktifkan autoplay juga dipindah ke bagian atas layar pemutar video. YouTube juga membawa peningkatan minor seperti ikon baru dan kontrol yang lebih sigap.

Pengguna YouTube juga bisa tap timestamp di video untuk mengubah indikator waktu menampilkan berapa lama waktu yang telah berlalu atau berapa lama waktu yang tersisa.

Terakhir, YouTube versi baru juga membawa pembaruan untuk fitur 'Video Chapters' yang telah diuji coba selama beberapa bulan terakhir. Dengan fitur ini, pengguna akan melihat daftar tonton video yang dibagi menjadi beberapa bab dengan thumbnail, mirip seperti menu di DVD.

fitur baru YouTubeTampilan video chapters di aplikasi YouTube Foto: YouTube


Simak Video "Sempat Down, YouTube Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)