Google Play Music Resmi Tamat, YouTube Musik Tawarkan Fitur Menarik

Google Play Music Resmi Tamat, YouTube Musik Tawarkan Fitur Menarik

Josina - detikInet
Minggu, 25 Okt 2020 09:30 WIB
Ilustrasi YouTube, Logo YouTube
Foto: Sean Gallup/Getty Images
Jakarta -

Pengguna Google Play Music di seluruh dunia melaporkan bahwa aplikasi tersebut baik di iOS, Android dan web sudah tidak lagi menawarkan layanan streaming musiknya.

Menurut laporan dari 9to5Google, pelanggan yang membuka aplikasi tersebut diberikan pesan 'Google Play Musik tidak lagi tersedia'. Sebagai gantinya, pelanggan akan diberikan pilihan untuk mengelola data mereka atau mentransfer perpustakaan lagu mereka ke YouTube Music.

"Anda masih dapat mentransfer perpustakaan Anda, termasuk playlist dan unduhan untuk waktu yang terbatas," demikian bunyi pilihan tersebut.

Sementara itu, bagi pelanggan Google Play Musik yang masih belum rela kehilangan layanan ini, Google memberikan sejumlah peningkatan terhadap YouTube Music di mana mereka akan mendapatkan akses ke video musik bebas iklan, siaran live, dan cover yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

YouTube Music sudah sepenuhnya didukung dengan Android TV dan untuk pengguna Android Auto saat ini dapat mengakses lagu yang diunggah saat dalam perjalanan.

Opsi YouTube Music gratis bahkan menawarkan opsi untuk mengirim musik ke speaker pintar yang kompatibel dengan Google Assistant. Awal bulan ini, Google juga mengumumkan bahwa YouTube Music akan hadir di Apple Watch.

"Aplikasi YouTube Music untuk Apple Watch adalah cara lain yang kami buat untuk memudahkan mendengarkan apa yang Anda inginkan, kapan pun Anda mau. Baik saat Anda keluar untuk berlari, bersepeda atau hanya berjalan-jalan di rumah. YouTube Music untuk Apple Watch membuat kontrol pemutaran mudah dijangkau, " tulis Google.

Mengingat Google telah berjuang untuk menempa identitas di ranah streaming musik hingga saat ini, YouTube Music kini akan menghadapi perjuangan berat untuk menantang yang lebih 'senior' seperti Spotify dan Apple Music.

Namun dengan tawaran fitur akses ke video musik, cover lagu , dan semua yang ada di antaranya, tampaknya ini adalah upaya Google yang paling menjanjikan.



Simak Video "Apa Perbedaan YouTube Music dengan Aplikasi Musik Lain?"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/rns)