Mirip Snapchat, Pesan di Facebook Messenger dan Instagram Bisa Lenyap Otomatis

Mirip Snapchat, Pesan di Facebook Messenger dan Instagram Bisa Lenyap Otomatis

Josina - detikInet
Sabtu, 14 Nov 2020 08:12 WIB
Ilustrasi Facebook
Foto: Reuters
Jakarta -

Facebook memberikan fitur baru ke Messenger dan Instagram yang selama ini menjadi ciri khas dari Snapchat yakni mode Vanish (lenyap).

Vanish mode adalah mode pesan singkat untuk Facebook Messenger dan Instagram yang memungkinkan pengguna mengirim teks, foto, pesan suara, emoji, dan stiker yang dapat langsung hilang begitu dilihat oleh si penerima pesan dan jendela obrolan ditutup.

Beberapa pengguna mungkin telah mendapatkan mode ini di pengaturan obrolan di Messenger, karena Facebook telah meluncurkan secara bertahap ke beberapa pengguna sejak desain ulang Messenger yang diumumkan pada bulan September.

Di Instagram sendiri, mode ini sudah menjadi bagian dari rangkaian fitur di DM (direct message) termasuk foto dan video yang dapat menghilang begitu dilihat.

Dilansir detikINET dari The Verge, mode Vanish ini mirip dengan mode percakapan rahasia Messenger yang memungkinkan pengguna dapat memasukkan obrolan terenkripsi end-to-end yang hanya disimpan di perangkat, meskipun mode ini dirancang untuk menghapus apapun yang dikirim setelah dilihat.

Mode ini akan muncul di kedua aplikasi sebagai opsi berbeda yang dapat diaktifkan pengguna dan dinonaktifkan dalam pengaturan pesan obrolan tertentu.

Pengguna juga dapat memasuki mode dengan menyapu layar ke atas pada jendela obrolan, mode Vanish ini hanya tersedia untuk obrolan satu lawan satu tidak berlaku untuk percakapan grup.

Facebook mengatakan, mode tersebut hanya akan bisa berfungsi jika pengguna saling setuju untuk masuk ke mode Vanish setelah pengguna lain dalam obrolan mengaktifkannya.

Messenger dan Instagram juga akan memberi tahu pengguna ketika tangkapan layar obrolan diambil saat mode diaktifkan.

Facebook mengatakan, pengguna dapat melaporkan seseorang atas perilaku obrolan mode Vanish, meskipun tidak jelas seberapa banyak percakapan yang dapat ditinjau Facebook untuk mengetahui adanya pelanggaran.

Mode Vanish ini sudah tersedia untuk Messenger dan Instagram di AS dan akan meluas ke beberapa negara lain yang mulai berlaku pada hari ini.



Simak Video " 'Selamat Datang Habib Rizieq' Dilabeli Berbahaya oleh Facebook"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/rns)